cover
Contact Name
Bayu Saputra
Contact Email
bayudesmonn@gmail.com
Phone
+628992290175
Journal Mail Official
mp@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jmmp/about/editorialTeam
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23383178     EISSN : 27164616     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp
Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended learning
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN" : 5 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flashcard terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Kelas V SD Kirana, Masita Putri
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33565

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas V di SDN 1 Giriklopomulyo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi experimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 peserta didik dan sampel berjumlah 64 peserta didk, sampel ditentukan dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas V SDN 1 Giriklopomulyo tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: Bahasa Inggris, flashcard, make a match, penguasaan kosakata, peserta didik SD. 
Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Media Microsoft Sway terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Astuti, Vera Tri
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33566

Abstract

 Abstrak: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik sekolah dasar dan juga perbandingan kemampuan kolaborasi dengan bantuan media yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 40 dan sampel yang digunakan yaitu 40 peserta didik kelas IVA dan IVB,. Data dianalisis dengan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran RADEC berbantuan microsoft sway terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik kelas V SDN 6 Metro timur yang ditunjukkan dengan perolehan nilai sig 2-tailed 0,00Kata Kunci: kolaborasi, media interaktif, microsoft sway, peserta didik kelas v, sekolah dasar. 
Perancangan Multimedia Interaktif Menggunakan Canva Berbasis ICT pada Materi Pengenalan Resistor Di Sekolah Menengah Kejuruan Irwanto, Irwanto
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33560

Abstract

Abstrak: Perancangan Multimedia Interaktif Menggunakan Canva Berbasis ICT pada Materi Pengenalan Resistor di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran berbasiskan ICT (Information and Communication Technology) dalam pengenalan materi resistor di sekolah menengah kejuruan. Dengan memanfaatkan canva, guru dapat membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga sangat memudahkan para siswa dalam memahami konsep dasar resistor serta menghitung gelang warna resistir tersebut. Adapun metode penelitian yang dapat digunakan dalam perancangan multimedia yaitu menggunakan aplikasi canva, yang melibatkan perancangan sampai evaluasi mengenai materi konsep dasar resistor dalam pembelajaran interaktif di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan canva dapat meningkatkan kreativitas guru, efektivitas pembelajaran, dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, penggunaan canva sebagai media pembelajaran berbasis ICT merupakan inovasi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Kata kunci: multimedia, interaktif, canva, resistor 
The Development of TITL Students at SMKN 8 Kota Serang from the Perspective of Psychology and Vocational Guidance Irwanto, Irwanto
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33562

Abstract

Abstrak: Perkembangan Siswa TITL SMKN 8 Kota Serang Ditinjau dari Psikologi dan Bimbingan Kejuruan. Psikologi perkembangan siswa mempelajari perubahan dari bayi hingga usia tua, penting untuk pendidikan dan bimbingan. Orang tua dan guru berperan penting dalam memaksimalkan potensi siswa, mengatasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan mereka. Bimbingan kejuruan membantu siswa menemukan minat dan bakat, meningkatkan kesiapan kerja, dan merencanakan karir secara efektif. Hal ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan sukses dalam karir pilihan mereka. Di sekolah menengah kejuruan, psikologi perkembangan dan bimbingan kejuruan saling terkait erat. Bimbingan kejuruan tidak hanya membantu siswa mengidentifikasi minat dan bakatnya tetapi juga mendukung perkembangan psikologisnya dengan meningkatkan rasa percaya diri, kesiapan kerja, dan kemampuan beradaptasi. Hal ini memastikan bahwa siswa dipersiapkan tidak hanya secara teknis tetapi juga secara emosional dan mental untuk berhasil dalam karir pilihan mereka. Kata Kunci: sekolah menengah kejuruan; psikologi perkembangan; bimbingan kejuruan; perkembangan sosial-emosional; dan perencanaan karir 
Persepsi Guru SD Kelas Rendah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Gugus Aster II Zuhriyah, Aminata
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jmmp.v13.i1.2025.33563

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru SD kelas rendah terhadap implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Aster 2 Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Persepsi dalam penelitian ini merupakan cara pandang atau pendapat guru mengenai kurikulum merdeka yang tengah dilaksanakan dalam pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket berupa 57 pernyataan yang disebarkan ke responden, dengan instrumen penelitian menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah guru kelas rendah kelas 1-3 yaitu guru PAI, PJOK, Bahasa Lampung dan Bahasa Inggris yang mengajar di kelas rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling berjumlah 42 guru. Hasil analisis penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan persepsi guru SD kelas rendah terhadap penerapan kurikulum merdeka dalam kategori sangat positif sebesar 19%, kategori positif sebesar 41%, kategori kurang positif 26% dan dalam kategori negatif sebesar 14%.Kata Kunci: persepsi, guru, implementasi kurikulum merdeka 

Page 1 of 1 | Total Record : 5