cover
Contact Name
Dyana Wijayanti
Contact Email
dyana.wijayanti@unissula.ac.id
Phone
+6282137007434
Journal Mail Official
kontinu.pendmat@unissula.ac.id
Editorial Address
Gedung Kuliah Bersama FKIP Lt.2 Jl. Raya Kaligawe Km . 4, Semarang , Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
ISSN : 27157326     EISSN : 26565544     DOI : 10.30659
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini mempublikasikan naskah-naskah artikel dalam bidang Pendidikan Matematika baik berupa diseminasi penelitian, telaah pustaka, maupun resensi dari buku ilmiah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: November 2021" : 5 Documents clear
Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Model Problem Based Learning dengan Contextual Teaching and Learning Erni Septianawati; Ervin Abdilah
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 2: November 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.2.80-87

Abstract

Desain Lintasan Belajar Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Witri Rahmayani; Zetra Hainul Putra; Eddy Noviana
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 2: November 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.2.88-110

Abstract

This study aims to design a learning trajectory of cubes and rectangular prisms with a realistic Indonesian mathematics education approach. This study uses design research as a method to achieve the objectives of this study. Design research consists of 3 stages: the preliminary stage, the experiment stage, and the retrospective analysis stage. To check the validity of the data used, the researchers used triangulation techniques, especially source triangulation. To explore the validity of the information, the researchers used several data sources, namely interviews with several students, observations from videos during learning, and observations of student worksheets. The designed learning trajectory was tested two times, namely a pilot study with four students and a teaching experiment with eight students from fifth graders. The results showed that the design of the cube and rectangular prisms learning trajectory with an Indonesian realistic mathematics education approach facilitated students' understanding of the concept of cubes and rectangular prisms..
Kemampuan Representasi Matematis Siswa Saat Menyelesaikan Masalah Open Ended Michrun Nisa Ramli; Marni Zulyanty
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 2: November 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.2.111-128

Abstract

Sifat matematika yang abstrak membutuhkan representasi untuk menemukan ide dan solusi dari masalah matematika. Masalah matematika tersebut disajikan dalam bentuk masalah open ended. Oleh karenanya perlu diketahui bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Malang. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah lembar masalah matematika dan lembar pedoman wawancara semi terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan fakta bahwa kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan masalah open ended masih sangat rendah walaupun siswa mampu merepresentasikan masalah yang diberikan. Representasi siswa terhadap masalah ini pun bermacam-macam namun siswa belum mampu memberikan representasi yang berbeda terhadap masalah yang sama. Selain itu representasi yang diberikan siswa belum utuh karena siswa tidak dapat menafsirkan kembali atau tidak dapat memberikan kesimpulan dari proses penyelesaian yang telah dilakukan.Kata kunci: Kemampuan representasi; Masalah open ended.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa SMP Berbasis Filsafat Matematika pada Materi Bangun Ruang Kerucut Muhammad Nabil Arifin; Dinda Syabillah; Elfisyah Isnaini Raizon; Yunita Prasetyawati; Eka Wahyuni Nur’rohim; Somakim Somakim; Meryansumayeka Meryansumayeka; Zuli Nuraeni
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 2: November 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.2.129-141

Abstract

Pentingnya pembelajaran materi kerucut ini dikarenakan banyak benda-benda yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut. Dalam proses pembelajarannya dibutuhkan LKS sebagai media yang membantu pembelajaran. Sehingga dibutuhkan pemahaman siswa mengenai materi kerucut tersebut. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menunjukkan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dan memahami kualitas LKS yang dihasilkan pada materi bangun ruang kerucut di SMP.Metode pengembangan LKS yaitu pengembangan dengan model tessmer yaitu, perliminary, prototype (self review, expert review, one to one, small group, dan field test). LKS ini juga menggunakan tiga aspek utama filsafat sebagai komponen utama dalam pembagian setiap aktivitas yaitu ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Adapun jenis data yang diambil data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LKS yang valid dan praktis.
Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penyelesaian Masalah Matematika dengan Tipe Soal Open-Ended Adelia Febby Indriana; Dyana Wijayanti; Nila Ubaidah
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 2: November 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.2.142-156

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil dalam menyelesaikan soal open ended materi aritmatika sosial. Pengambilan subyek dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian meliputi 6 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil. Penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Trangkil sebagai berikut: (1) siswa dengan kemampuan matematis tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir yang sangat kreatif (TKBK 4) dalam menyelesaikan soal open ended; (2) siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kreatif (TKBK 3) dalam menyelesaikan soal open ended, dan; (3) siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir yang kurang kreatif (TKBK 1) dalam menyelesaikan soal open ended. Dengan demikian, siswa perlu dibiasakan menyelesaikan masalah-masalah terbuka yang memiliki banyak cara penyelesaian dan jawaban benar yang beragam sehingga kemampuan berpikir kreatifnya dapat berkembang

Page 1 of 1 | Total Record : 5