cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.pedagogik@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
ISSN : 23377364     EISSN : 26229005     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies and new technologies in education.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2, Oktober (2024)" : 5 Documents clear
KHAN ACADEMY KIDS APPLICATION IN ENGLISH YOUNG LEARNERS IN INDONESIA Ukhra, Rahmatul; Aini, Riska Marlisa
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 2, Oktober (2024)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangatlah penting untuk menunjang proses pembelajaran bahasa, khususnya bagi siswa usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi penggunaan perangkat digital dalam pendidikan bahasa inggris yang memberikan wawasan tentang efektivitas dan potensinya untuk penerapan yang lebih luas dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (kuantitatif dan kualitatif) untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Khan Academy Kids terhadap pembelajaran bahasa inggris siswa di SDN 4 Peusangan Bireuen. Metode eksperimen yang digunakan juga didukung oleh hasil observasi dan wawancara. Data dikumpulkan melalui tahapan pre-test, mengajar siswa dalam tiga pertemuan dan melakukan post-test untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum dan sesudah mengajar dengan menggunakan aplikasi Khan Academy Kids. Selanjutnya diamati aktivitas siswa dan mewawancarai sepuluh siswa untuk mengumpulkan informasi tentang wawasan mereka tentang pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Khan Academy Kids. Data yang terkumpul secara kuantitatif dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPPS, sedangkan data yang terkumpul secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat secara signifikan setelah diajar menggunakan aplikasi Khan Academy Kids (rata-rata pre-test adalah 63 dan rata-rata post-test adalah 78). Hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji-t (skor t=3,291 (melampaui batas -1,96 dan 1,96). Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa antusias memberikan tanggapan dan menjawab pertanyaan selama kegiatan pembelajaran. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa siswa senang belajar bahasa inggris dengan menggunakan aplikasi Khan Academy Kids karena mereka dapat mendengarkan dan mengulang kata-katanya serta memuat gambar yang menarik dan berwarna.
PERAN PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBINA KARAKTER MAHASISWA STIT MUHAMMADIYAH ACEH BARAT DAYA (SUATU ANALISIS TENTANG FENOMENOLOGI) Authar, Tanzil; Silahuddin, Silahuddin; Habiburrahman, Habiburrahman
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 2, Oktober (2024)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v11i2, Oktober.2041

Abstract

Karakter merupakan sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Karakter juga mecakup sikap serta dalih untuk berbuat sesuatu yang menurut pandangan norma merupakan sebuah kebaikan. Sehingga, terkadang akhlak mengarah kepada ambang kekhususan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam balutan iman dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pembelajaran PAI dalam membentuk karakter mahasiswa STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya. Pendekatan penelitian adalah secara kualitatif dengan metode kualitatif-fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel bertujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunkan konsep dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek utama, yaitu nilai-nilai yang ditanamkan (kejujuran, tanggungjawab, toleransi dan disiplin), pendekatan pembelajaran yang digunakan, dan lingkungan keagamaan kampus yang cukup mendukung dalam pembinaan karakter mahasiswa (shalat berjamaah, kajian jum’at dan Sabtu, dan peringatan hari besar islam).
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di SD Negeri 1 Gobras Mustami, Novia Nurul
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 2, Oktober (2024)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v11i2, Oktober.2110

Abstract

Dalam karya tulis ini, dibahas mengenai peran guru dalam membangun kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kurikulum adalah sistem rencana dan pengaturan bahan pendidikan yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang guru adalah seorang pendidik yang berperan penting dalam proses pengajaran dan harus mampu menerapkan kurikulum di sekolah. Karya tulis ini mengkaji peran guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dan menekankan pentingnya peran mereka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aktif dan berhasil. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana pendidik berkontribusi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang sejalan dengan prinsip-prinsip pendidikan merdeka dengan menganalisis keterlibatan guru dalam pembuatan kurikulum. Penemuan penelitian menegaskan peran penting guru dalam menjamin pelaksanaan yang berhasil dari kurikulum merdeka di tingkat sekolah dasar, menekankan pengaruh mereka terhadap pengalaman belajar siswa dan hasil akademik secara keseluruhan. Peran guru dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka dibahas dalam karya tulis ini. Untuk mendapatkan informasi yang akan diteliti dalam karya tulis ini, penulis menggunakan studi pustaka atau penelusuran pustaka dari berbagai buku, artikel, dan penelitian. Penulis menemukan bahwa guru dan pengembangan kurikulum adalah peran penting.
PENGARUH ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SDN TUGU JEBRES Ningrum, Rosi Vidya; Prihastari, Ema Butsi; Mustofa, Mukhlish
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 2, Oktober (2024)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v11i2, Oktober.2189

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai media belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Tugu Jebres tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tugu Jebres Surakarta dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode pre-eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 26 anak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Tugu Jebres Surakarta yang berjumlah 26 anak. Data dikumpulkan dengan memberikan tes berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya dilakukan uji validitas sebanyak 40 butir soal yang diuji cobakan, terdapat 22 soal  yang dinyatakan valid dan 18 soal invalid. Didapatkan nilai rtabel 0.388, uji reliabilitas sebesar 0.836, uji daya beda soal terdapat 12 kategori jelek, 8 sangat jelek, 6 kategori baik, 1 sangat baik dan 13 kategori cukup, sedangkan dari uji taraf kesukaran didapatkan hasil 32 mudah dan 8 sedang.  Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai media belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Tugu Jebres tahun pelajaran 2023/2024.
PENGARUH MATA KULIAH PRINSIP DAN PENGAJARAN ASESMEN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU Febriani, Saniya; Dwijayanti, Ida
Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 2, Oktober (2024)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/pjpp.v11i2, Oktober.2355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah prinsip dan pengajaran asesmen terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran yaitu kuantitaif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru PGSD PPG di Universitas PGRI Semarang dengan jumlah populasi yaitu 205 orang dengan sampel sebanyak 29 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Validasi instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah prinsip dan pengajaran asesmen berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru dengan nilai koefisien sebesar 0,65.

Page 1 of 1 | Total Record : 5