cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
ISSN : 20872305     EISSN : 26152282     DOI : -
Core Subject : Education,
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar (Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar) dan Keislaman.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2023)" : 7 Documents clear
ANALISIS KESULITAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA SOAL CERITA MATEMATIKA Hijrilliawanni, Dhea Rizqkhita; Kuncoro, Septian Zuhri; Nihmah, Septiyani Zahrotun; Riswari, Lovika Ardana
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9082

Abstract

Matematika adalah suatu ilmu yang mengajarkan disiplin sehingga siswa dapat meningkatkan cara beragumen dan berfikir, serta berkonstribusi pada penyelesaian permasalahan kehidupan sehari-hari serta memberikan dukungan pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu memberikan acuan kepada guru agar dapat memberikan pembelajaran dengan muatan kemampuan siswa untuk menyelesaikan pemecahan matematis pada anak SD kelas IV sekolah dasar. penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif  Responden Penelitian ini berjumlah 3 siswa sekolah dasar kelas IV. Pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara dengan peserta didik yang kesulitan terhadap soal cerita matematika dan mudah menjawab soal cerita matematika.  Hasil penelitian memperlihatkan beberapa kesulitan pemecahan matematis pada anak SD kelas IV pada materi soal cerita matematika Berdasarkan hasil data analisis penelitian ini anak usia SD memiliki kendala : 1). Kesalahan dalam membuat rumus matematika dan memaknai bahasa, ini karena penalaran matematis siswa masih rendah. 2). Anak melakukan kesalahan pada saat merencanakan pemecahan masalah dalam mengaitkan konsep satu dengan lainya, ini karena adanya pemikiran humanistic. 3). Anak tidak tepat dalam mengaplikasikan rumus matematika dalam pelaksanaan rencana pemecahan masalah, ini disebabkan pemikiran humanistic dan penalaran (reasoning) anak kurang tepat. Dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan cara pandang guru yang mengalami kesulitan dalam mengatasi siswa yang kesulitan belajar soal cerita matematika pada anak SD kelas IV
KARAKTERISTIK PENDIDIK ABAD 21 Ishmatullah, Ahmad Rifqi; Samkhi, Samkhi; Savira, Sheren Virgia
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.8739

Abstract

 Karakteristik guru pada pembelajaran abad 21 menempatkan diri sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator bertugas untuk membimbing peserta didik dalam menggali ilmunya, serta mengarahkan peserta didik dalam pembelajaran, serta memberikan fasilitas yang layak bagi peserta didik. Tugas seorang pendidik bukan hanya sebatas mengajar di dalam kelas, akan tetapi pendidik juga mempunyai tugas membimbing serta mengarahkan peserta didiknya untuk mencapai masa depan mereka cemerlang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pendidik abad 21 yang menjadi penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cipocok Jaya 3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri Cipocok 3 telah mampu menunjukkan karakteristik pendidik abad 21 yang dapat dilihat dari berbagai kemampuan yang dimilikinya. Beberapa kerakteristik pendidikan yang nampak adalah kemampuan guru dalam proses pembelajaran, kompetensi pengembangan kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional dalam pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS I Umasyithoh, Wahidatun Nisa; Izharifa, Febrisa Rifda; Lestari, Puji; Ermawati, Diana
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran wordwall. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Tangart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD 6 Tanjungrejo tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes dan non tes dengan instrumen penelitian berupa tes tertulis, lembar wawancara dan hasil dokumentasi. Data diperoleh, dianalisis, dan direfleksikan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa yang dibuktikan dengan data awal siswa yang lulus hanya 12 siswa dari 28 siswa atau 43% saja. Kemudian pada siklus I siswa yang lulus meningkat yaitu sebanyak 22 siswa dari 28 siswa atau 78,57%. Selanjutnya pada siklus ke II siswa yang lulus meningkat menjadi 27 siswa dari 28 siswa atau 96,42%. Penelitian ini berhasil meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas I melalui model pembelajaran Talking Stick berbantuan media pembelajaran wordwall.
PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 MI MA’RIF GLOBAL SALATIGA Anthony, Albarra Rifqi; Titikusumawati, Eni
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9021

Abstract

Kreatifitas guru merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar mata pelajaran Matematika. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peengaruh yang signifikan antara kreatifitas guru terhadap minat belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V di MI Ma’arif Global Salatiga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreatifitas guru terhadap minat belajar Matematika siswa kelas V MI Ma’arif Global Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan total jumlah responden berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data kreatifitas guru dan minat belajar mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara kreatifitas guru dengan minat belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas V MI Ma’arif Global, kecamatan Sidorejo, kota Salatiga. Tampak bahwa variabel X (kreatifitas guru) sebesar 14, tanda b “+” berarti pengaruh kreatifitas guru adalah positif. Adapun bentuk persamaan garis regresi adalah Y = 14 + 0,641X.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SUDUT DAN SIMBOL SISWA KELAS III SD MELALUI MEDIA PATATIK Septiana, Eka; Ermawati, Diana; Kironoratri, Lintang
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9492

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tema yang dibuktikan dari hasil wawancara dan observasi dengan data nilai ulangan harian memperoleh presentase ketidaktuntasan 56% muatan Matematika dan 50% pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan menerapkan media pembelajaran Patatik  (Papan Pintar Tematik) pada materi sudut dan simbol siswa kelas III SD. Media Patatik merupakan media Papan Pintar Tematik yang digunakan untuk pembelajaran tema khususnya muatan Matematika dan Bahasa Indonesia. Pemahaman konsep merupakan kemampuan memahami materi untuk diungkapkan kembali dalam bentuk lainnya. PTK ini dilaksanakan di kelas III SDN Sumberjo dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes pemahaman konsep. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh presentase klasikal sebesar 61% dengan kategori cukup kemudian mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh presentase klasikal sebesar 83% dengan kategori baik.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM MELALUI PENERAPAN MEDIA VISUAL (POWER POINT) SISWA KELAS VI DI MI NU MAWAQI’UL ULUM Sutrisno, Sutrisno
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9519

Abstract

Pembelajaran IPA di MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini  Undaan Kudus selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan mengerjakan LKS. Sehingga komunikasi yang terjadi hanya satu arah dan hanya pendidik yang aktif, sedangkan siswa menjadi pasif. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI di MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini  Undaan Kudus, materi pokok keseimbangan ekosistem dengan penerapan media visual power point dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang penulis peroleh dari penelitian tindakan kelas. Kemudian, penelitian ini menggunakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini  Undaan Kudus. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I, II sampai tes akhir, yaitu Pra Siklus siklus memperoleh 53,26% dengan bahwa nilai terendah siswa adalah 20 dan nilai tertinggi siswa adalah 80, siklus I nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. Sehingga rata-rata baru mencapai 68,42% dari 70 penialian minimum, tes akhir pada siklus II terdapat 17 siswa atau 81% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dan 2 atau 19% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan media visual power point dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya pada materi pokok keseimbangan ekosistem, serta penerapan media visual ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA. Keefektifan penerapan media visual ini memberi kemudahan pada siswa dalam memahami materi pelajaran.
IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING PADA PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Laila, Lutfi Azizatul; Shanthi, Rini Verary
MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman Vol 14, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Wahid Hasyim Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31942/mgs.v14i2.9802

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian yaitu guna mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan implementasi Computational Thinking (CT) berbasis lingkungan dengan media kartu metamorfosis di MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini penelitian tindaka kelas (PTK) yang memiliki dua siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang, peserta didik kelas IV berjumlah 22 orang 11 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi, tes serta dokumentasi. Hasil penelitian dengan implementasi computational thinking dengan media kartu metamorfosis hasil belajar berhasil meningkat pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan dan pelestarian lingkungan alam pada peserta didik kelas IV MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Terbukti nilai setiap siklusnya mengalami peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata kelas memperoleh 69,81 peserta didik yang telah tuntas belajar terdapat 13 orang atau 59% sedangkan yang tindak tuntas terdapat 9 orang atau 41%. Siklus I rata-rata nilai kelas memperoleh 65,45 sedangakn peserta didik tuntas belajar 15 orang atau 68,18%, peserta didik tidak tuntas belajar terdapat 7 orang atau 31,82%. Siklus II rata-rata nilai kelas 79,9 peserta didik yang tuntas belajar 20 orang atau 90,9%, peserta didik yang tidak tuntas belajar 2 orang atau 9,1%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7