cover
Contact Name
Dr. Dahmiri, SE., MM
Contact Email
mankeusrl@unja.ac.id
Phone
+6281366180484
Journal Mail Official
mankeusrl@unja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 22528636     EISSN : 26859424     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi dan Bidang Kewirausahaan. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan" : 25 Documents clear
PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR YANG DI MEDIASI OLEH PSYCHOLOGICAL CAPITAL PADA DINASPEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT PROVINSI JAMBI Andhila, Risye Dwike; Adriani, Zulfina; Wediawati, Besse
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24282

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh servant leadership terhadap organizational citizenship behavior yang di mediasi oleh psychological capital pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Alat Analisis yang digunkan adalah analisis PLS. Hasil penelitian menunjukkan Servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Servant leadership berpengaruh signifikan terhadap Psychological capital pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Psychological capital berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Servant leadership berpengaruh signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Psychological capital sebagai variabel mediasi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi
MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI MELALUI FASILITAS DIMODERASI OLEH CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA KONSUMEN RUMAH SUBSIDI KOTA JAMBI) Saputri, Anggia Agustini; Yacob, Syahmardi
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24379

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis fasilitas dalam meningkatkan keputusan pembelian dengan citra perusahaan sebagai variabel moderasi pada konsumen rumah subsidi di Kota Jambi. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 140 konsumen dengan menggunakan metode purposive sampling. Skala pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ordinal, Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan alat analisis data menggunakan SMART PLS 3.0. Penelitian ini memberikan kesimpulan sebagai berikut: Fasilitas memiliki pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Bahwa fasilitas yang baik akan meningkatkan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Begitu pula citra perusahaan meningkat dapat meningkatkan keputusan pembelian. Vitra perusahaan sebagai moderasi mampu meningkatkan pengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian pada konsumen rumah subsidi di Kota Jambi
PENGARUH PUSH, PULL, DAN PASS MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAMBI TAHUN 2020 Muawin, Muawin; Musnaini, Musnaini
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24468

Abstract

Persaingan para kontestan dalam meraih kemenangan pada Pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 adalah dengan menjalankan strategi marketing politik. Pertanyannya, bagaimana strategi marketing politik itu dijalankan? Bagaimana pengaruh strategi marketing politik tersebut dalam mendapatkan dukungan suara? Penelitian ini secara spesifik membahas tentang hal ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang mana data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 300 responden, yang merupakan masyarakat pemilik suara pada Pilgub Jambi tahun 2020 di wilayah Kota Jambi. Data kemudian diolah dan dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga pasangan calon Gubernur Jambi menggunakan strategi marketing politik untuk memenangkan kontestasi dengan cara Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing. Variabel push marketing (X1) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable push marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y). Kemudian Variabel pull marketing (X2) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pull marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Variabel pass marketing (X3) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,004, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pass marketing (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Secara simultan, hasil uji F memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa variable independent yang terdiri dari push marketing (X1), pull marketing (X2) dan pass marketing (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variable dependen yaitu keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi.
PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL BANK DAN FAKTOR MAKROEKONOMI TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI Suhairi, Khairul; Lubis, Tona Aurora
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24619

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental bank dan faktor makroekonomi terhadap Non Performing Loan (NPL). Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui teknik dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis partial least squares path modeling (PLS-SEM). Hasil analisis statistik membuktikan bahwa; (1) faktor fundamental bank secara langsung berpengaruh signifikan terhadap NPL PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi, (2) faktor makroekonomi secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap NPL PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya manajemen PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi untuk lebih meningkatkan efisiensi dalam kegiatan operasional perusahaan, dikarenakan BOPO memberikan kontribusi pengaruh tertinggi terhadap Non Performing Loan (NPL).
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA BANK JAMBI BERDASARKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD Pauzi, Pauzi; Fitriaty, Fitriaty
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24620

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja Bank Jambi berdasarkan hasil evaluasi kinerja pada perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, serta menganalisis strategi peningkatan kinerja Bank Jambi berdasarkan empat perspektif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa ; (1) kinerja Bank Jambi pada aspek keuangan menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 110,76% dari target, (2) kinerja Bank Jambi pada aspek pelanggan menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang sangat baik, yakni mencapai 125,75% dari target, (3) kinerja Bank Jambi pada aspek proses bisnis internal menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 107,5% dari target, dan (4) kinerja Bank Jambi pada aspek pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan hasil pencapaian kinerja yang baik, yakni mencapai 109% dari target. Hasil penilaian kinerja secara keseluruhan dilihat dari keempat perspektif tersebut berada pada kategori kualitas kinerja “baik”. Terkait dengan strategi yang telah diterapkan Bank Jambi dalam pencapaian kinerja baik pada aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, didapatkan hasil bahwa: (1) strategi pencapaian target kinerja keuangan Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; cross selling product, kerja sama dengan berbagai instansi, pendekatan secara personal kepada nasabah, dan pameran produk, (2) strategi pencapaian target kinerja pelanggan Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; peningkatan kerja sama dengan berbagai instansi, peningkatan frekuensi pameran produk, dan peningkatan kualitas layanan dengan pemberian reward “The Best Frontliner of The Month” dan kegiatan role play, (3) strategi pencapaian target kinerja proses bisnis internal Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; pelaksanaan pembinaan KCP, proses dan analisa kredit, monitoring rekening suspense dan saldo abnormal setiap hari, serta tindak lanjut temuan audit yang dilaksanakan dengan baik, dan (4) strategi pencapaian target kinerja pertumbuhan dan pembelajaran Bank Jambi yang telah diterapkan meliputi; realisasi perencanaan dan pemenuhan kebutuhan SDM sesuai dengan waktu kebutuhan dan formasi, pemutusan dan pengusulan karyawan sesuai dengan waktu dan kebutuhan, pelaksanaan program pendidikan/pelatihan karyawan sesuai dengan anggaran dan jadwal, penyelesaian segala kasus pelanggaran sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, serta pembinaan dan peningkatan motivasi pekerja dalam bentuk Forum Peningkatan Kinerja.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PERTAMINA HULU ROKAN ZONA 1 JAMBI Riza, Faisal; Fazri, Andang
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24783

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening di Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendapatkan gambaran kompensasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan, mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening di Pertamina Hulu Rokan Zona 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan model Structuran Equation Modeling (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan positif dan signfikan dan hipotesis diterima, pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja positif dan signifikan dan hipotesis diterima, pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja positif dan signifikan dan hipotesis diterima, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan positif dan signifikan dan hipotesis diterima, pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dimediasi oleh kepuasan kerja positif dan signfikan dan hipotesis diterima.
STRATEGI PENGUATAN PERMODALAN DALAM PEMENUHAN REGULASI DAN PENGEMBANGAN BISNIS PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI Roziani, Riza; Indrawijaya, Sigit
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.24784

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merumuskan strategi prioritas yang dapat diterapkan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi agar dapat memenuhi modal inti minimum sesuai dengan regulasi yang berlaku saat ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian case study research dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis faktor strategis internal dan eksternal yang dimiliki PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi digunakan teknik analisis SWOT, sedangkan untuk menganalisis dan merumuskan strategi prioritas pemenuhan modal inti minimum menggunakan teknik analisis Analitycal Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal, faktor yang menjadi kekuatan utama PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi dalam pemenuhan modal inti minimum adalah pertumbuhan asset dan laba yang menunjukkan peningkatan seiap tahuannya serta komitmen para pemegang saham untuk memenuhi kecukupan modal inti minimum. Di sisi lain, faktor yang menjadi kelemahan utama PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi dalam pemenuhan modal inti minimum adalah penambahan penyertaan modal yang tidak mungkin teralisasi hingga 31 Desember tahun 2024. Hasil analisis faktor strategis eksternal menunjukkan bahwa faktor yang menjadi peluang utama PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi dalam pemenuhan modal inti minimum adalah membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagaimana yang diatur dalam POJK No 12 Tahun 2020. Di sisi lain, faktor yang menjadi ancaman utama PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi adalah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi daerah yang berpotensi mengurangi setoran modal setiap daerah (pemegang saham seri A). Hasil penentuan prioritas strategi pemenuhan modal inti minimum pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi didapatkan bahwa strategi yang menjadi prioritas utama dalam pemenuhan modal inti minimum adalah pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagaimana yang diatur dalam POJK No 12 Tahun 2020. Dengan bergabungnya PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi dalam skema KUB, maka kewajiban pemenuhan modal inti minimum sebesar 3 triliun rupiah, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 8 Ayat (5) POJK No. 12/POJK.03/2020, dinyatakan terlah terpenuhi, karena telah terpenuhinya ketentuan modal inti minimum bagi bank anak perusahaan menurut Pasal 9 ayat (1) huruf d yaitu sebesar satu triliun rupiah. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya PT. Bank Pembangunan Daerah Jambi agar lebih memaksimalkan pertumbuhan laba dari aktvitas operasi yang dilakukan, sehingga dapat meningkatkan jumlah modal inti minimum serta dapat tumbuh secara mandiri baik dari aspek permodalan maupuan aspek lainnya, tanpa bergantung sepenuhnya pada dukungan dari bank induk perusahaan.
PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT, TERHADAP TURNOVER KARYAWAN DENGAN STRESS KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Akbar, Adrianur; Rosita, Sry
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.25645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Empowering Leadership dan Employee Engagement, terhadap Turnover karyawan dengan stress kerja sebagai variabel mediasi. Populasi target penelitian ini adalah karyawan PT. Home Center Indonesia (INFORMA) cabang Jambi sebanyak 123 orang. Sampel penelitian adalah sampling jenuh dimana seluruh karyawan merupakan sampel pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan Empowering Leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover karyawan dan Employee Engagement berpengaruh negatif tidak signifkan terhadap Turnover karyawan. Empowering Leadership dan Employee Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap stress kerja karyawan. Stress kerja karyawan memperkuat pengaruh Employee Engagement terhadap Turnover karyawan, namun tidak memperkuat pengaruh Empowering Leadership terhadap Turnover karyawan.
EFEK KINERJA TIM YANG MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA BANK PADA PT. BANK BRI CABANG ABUNJANI SIPIN Tirtana, Arif; Adriani, Zulfina; Setiawati, Rike
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.25648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “Efek Kinerja Tim Yang Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Bank pada PT. Bank Bri Cabang Abunjani Sipin Jambi mampu memberikan kontribusi kerja positif terhadap pegawai bank BRI kanca Abunjani sipin, sebagai perusahaan Bank Terbesar di Indonesia Bank BRI terus merubah dan memperbaiki kinerja Bank BRI agar terus lebih baik lagi demi mencapai tujuan perusahaan itu. Kinerja merupakan tolak ukur bagi perusahaan untuk menilai kemampuan, produktivitas, serta memberikan informasi yang berguna bagi organisasi maupun perusahaan berkaitan dengan pegawai Penelitian ini dilakukan dengan Metode kuantitatif yang sumber datanya primer dan sekunder menggunakan instrumen penelitian kuesioner serta teknik analisis data Partial Least Square (PLS) dengan jumlah sampel 64 orang. Hasil uji Structural Equation Modelling (SEM) menyatakan Kepemimpinan Transaksional memberikan pengaruh yang positif dan signifikan pada kinerja tim yang dampaknya pada kinerja perusahaan. Dengan demikian hasil penelitian ini memberikan pengetahuan bagaimana Kepemimpinan Transaksional yang relevan dapat menjaga Sustainability perusahaan yang bertransformasi menuju lebih baik lagi dalam upaya peningkatan Kinerja Bank pada PT. Bank Bri Cabang Abunjani Sipin Jambi.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI RISIKO, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL (SEABANK) (STUDI PADA MASYARAKAT KARAWANG TIMUR) Lestari, Widia; Sihabudin, Sihabudin; Fauji, Robby
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v12i04.28135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan, persepsi resiko, dan kemudahan penggunaan berdampak pada keinginan untuk menggunakan bank digital. Penelitian kuantitatif deskriptif adalah jenisnya. Penelitian ini melibatkan masyarakat Karawang Timur dan 102 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disediakan oleh Google Form dan metode Analisis Linear Berganda. Karena Literasi Keuangan secara parsial tidak mempengaruhi minat menggunakan, nilai t adalah 0.236 di bawah 1.984 dan tingkat signifikan adalah 0.814 di atas 0.05. Dengan nilai t hitung untuk variabel persepsi risiko sebesar 3.098 > 1.984 dan milai signifikan 0.003 < 0.05, persepsi risiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Selanjutnya, variabel kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dengan nilai t hitung untuk variabel kemudahan penggunaan sebesar 5.027 > 1.984 dan milai signifikan 0.000 < 0.05. Dengan nilai F hitung 27.853 lebih besar dari 2.696 dan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05, literasi keuangan, persepsi risiko, dan kemudahan penggunaan semuanya berdampak positif dan signifikan pada minat masyarakat karawang timur untuk menggunakan bank digital Seabank.

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 04 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (In Progres) Vol. 14 No. 03 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 14 No. 01 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 05 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Edisi Khusus) Vol. 13 No. 04 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 03 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 02 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 13 No. 01 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 04 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 03 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 03 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 3 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan More Issue