cover
Contact Name
Dede Iswandi
Contact Email
civicus@upi.edu
Phone
+6281322793535
Journal Mail Official
civicus@upi.edu
Editorial Address
Department of Civic Education, Faculty of Social Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia. Nu`man Somantri Building, 2nd Floor, Dr. Setiabudhi Street No. 229 Bandung 40154, Phone (022) 2013163, Ext. 25244, 25248, 25249.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Civicus
ISSN : 14125463     EISSN : 26563606     DOI : https://doi.org/10.17509/civicus
Core Subject : Education, Social,
urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the science of Citizenship Education. Jurnal Civicus print ISSN is 1412-5463. Civicus Online ISSN is 2656-3606. Jurnal Civicus is published by Civic Education Department, in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (Indonesia Association of Pancasila and Civic Education/AP3KnI). Jurnal Civicus invites to submit original and unpublish manuscript in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC DISPOSITION SISWA DI SMK NEGERI 1 KARAWANG Latifah, Ika
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.25930

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya kepedulian lingkungan yang terjadi di kalangan siswa SMKN 1 Karawang, maka harus ada pendidikan yang mengarahkan mereka untuk dapat menjaga dan mengelola lingkungan yang baik yaitu melalui program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, serta melakukan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai civic disposition yang dikembangkan dalam program adiwiyata yaitu karakter peduli lingkungan, tanggung jawab, jujur, religius, gotong royong, disiplin, patuh aturan sosial, sadar hak dan kewajiban, nasionalis, dan cerdas. (2) Hubungan kepedulian lingkungan dengan pendidikan kewarganegaraan yaitu pengetahuan nilai-nilai yang diperoleh dari hasil pembelajaran, siswa seharusnya dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program adiwiyata ini menjadi wadah untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang ingin dicapai pada setiap pembelajaran PPKn
PELAKSANAAN HAK-HAK PENDIDIKAN BAGI ANAK-ANAK DIFABEL DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KOTA SEMARANG Setyaningrum, Iis Dwi
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.25931

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban bagi kaum difabel di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian adalah pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak-anak difabel, meliputi layanan pendidikan bagi anak-anak difabel, standar pendidikan di SLB Negeri Semarang, hambatan dalam pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi difabel. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan hak pendidikan pada layanan pendidikan bagi anak difabel terdiri dari kegiatan intrakulikuler dan ketrampilan. Standar Pendidikan di SLB Negeri Semarang disesuaikan dengan jenis ketunaan dan gradasi ketunaan peserta didiknya. Hambatan dalam pemenuhan hak memperoleh pendidikan diantaranya hambatan yang berasal dari internal dan eksternal sekolah. Rekomendasi penulis adalah pemenuhan hak-hak khususnya pendidikan bagi kaum difabel harus dipenuhi pemerintah melaui kebijakan yang memperhatikan kaum difabel
Upaya Guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi (Studi Deskriptif di SMP Negeri 3 Lembang) Apsari, Linda Tri
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.10758

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang saat ini kurang  mengamalkan sikap demokrasi saat mengikuti proses pembelajaran sehingga para peserta didik terlihat pasif di dalam kelas yang seharusnya terwujud pembelajaran kelas aktif serta belum maksimalnya pembelajaran yang dilakukan guru dalam membiasakan suasana demokratis dan menyenangkan sesuai kehidupan nyata sehingga perlu perbaikan untuk terwujudnya kelas sebagai Laboratorium Demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian teruangkap bahwa: 1) Hambatan-hambatan yang dialami guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi; dan 2) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialami guru PPKn dalam mewujudkan kelas sebagai Laboratorium Demokrasi melalui keterbukaan antara guru dengan peserta didik dan membiasakan penerapan sikap demokratis di dalam kelas dilaksanakan secara berkala.
DIMENSI KULIKULER PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH Iswandi, Dede
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.25928

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk merumuskan konteks pendidikan dasar dan menengah Pendidikan Kewarganegaraan pada tahun 2003 sampai dengan 2012 hanya dikenal satu mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang secara subtantif akademik dan pedagogik mengintegrasikan subtansi nilai dan moral Pancasila dengan subtansi kewarganegaraan. Namun mulai tahun 2013 untuk mengakomodasikan proses pencerdasan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam arti utuh dan luas, maka mata pelajaran PKn disesuaikan menjadi PPKn. Setelah melakukan studi literatur, penulis menemukan bahwa, bahwa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai bagian dari mata pelajaran di persekolahan dalam jenjang pendidikan dasar dan menengah menunjukkan bahwa pengembangan tujuan pendidikan kewarganegaraan berlandaskan kepada pembanguan sumber daya manusia yang humanis dan holistik, serta berkarakter Pancasila. Berdasarkan hasil yang diuraikan, penulis dapat menyimpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan proses belajar dan pembelajaran untuk membangun kompetensi peserta didik secara holistik dengan tujuan untuk tercapai penguasaan kompetensi peserta didik secara elektis yang harmonis antara internalisasi muatan peserta didik secara elektis yang harmonis antara internalisasi muatan nilai/moral (tradisi perenialisme), penguasaan subtansi (tradisi essensialisme) dan kemaslahatannya bagi lingkungan (tradisi rekonstruksionisme), Penerapan dimensi pendidikan kewarganegaraan sebagai program pendidikan melalui pendekatan pendidikan afektif, pendekatan pendidikan perkembangan nilai dan moral di sekolah dasar kelas rendah dapat diterapkan melalui modelling, model directif dan model klarifikasi nilai.
CALON ANGGOTA LEGISLATIF EKS KORUPTOR DALAM PERSPEKTIF PUBLIK PADA PEMILU 2019 Yunita, Nurul
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.16651

Abstract

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat sebanyak 61 anggota DPR dan DPRD telah menjadi tersangka kasus korupsi sepanjang Januari-Mei 2018. Juli 2018, tercatat 165 mantan narapidana korupsi mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. April 2019, Indonesia Corruption Watch (ICW) merujuk data final Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis sebanyak 81 orang eks koruptor mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Secara yuridis, landasan eks koruptor menjadi calon anggota legislatif telah diperbolehkan, merujuk pada putusan Mahkamah Agung No.43 P/HUM/2018. Namun, dalam perkembangannya, dilihat dari berbagai sudut pandang lain caleg eks koruptor menimbulkan berbagai implikasi negatif bagi masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga diperoleh gambaran publik mengenai adanya caleg eks koruptor dalam Pemilu 2019 secara moral, perkembangan demokrasi, gerakan antikorupsi serta partai politik. Caleg eks koruptor dari sudut pandang moral dinilai sebagai penyimpangan. Caleg eks koruptor dapat menghambat demokrasi di Indonesia karena akan mengurangi kepercayaan publik kepada para wakil rakyat. Rekrutmen caleg dari internal partai sebagai corong menyeleksi kualitas caleg. Revisi undang-undang Pemilu harus dilakukan untuk perbaikan proses demokrasi di Indonesia. Pendidikan politik di masyarakat menjadi salah solusi mengatasi efek yang ditimbulkan dari adanya caleg eks koruptor.
THE ROLE OF LEARNING RESOURCES THROUGH THE PROGRAM SISTEM INFORMASI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (SIMACAM) IN IMPROVING CIVIC LITERACY SOCIETY OF BANDUNG Apriliani, Ina
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.16664

Abstract

The existence of the SIMACAM is a program created by the Bandung Library and Archives Office, which is contained on the website that aims to facilitate the people of Bandung to access reading or reference sources that they want to read or study study while containing information on community reading parks in the city of Bandung. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, and documentation studies. The research subjects were employees of the Library and Archives Office of Bandung City, Experts, and the Community of Bandung City. As for the result from this research is first, the role of learning resources in the form of online is more in demand by the people of Bandung City, besides the influence of technological developments, information and communication are also influenced by lifestyle. Second, the utilization of SIMACAM program is in the trial and development stages made in early 2017 so that the intensity of the role and benefits of the program is not yet known by all levels of the city of Bandung. Third, the Civic Education process in building civic literacy, awareness needed by every individual. So the need for participation from social agents, government, academics, business sector, communities and mass media will be important to improve Civic Literacy.
PENERAPAN SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN DI SEKOLAH Suntara, Reza Ardiantika
Jurnal Civicus Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v19i1.25929

Abstract

Sistem boarding school merupakan salah satu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memungkinkan para peserta didik tinggal di asrama yang berada di lingkungan sekolah. Melaksanakan kegiatan pendidikan dengan menggunakan kurikulum nasional yang dikolaborasikan dengan kurikulum khas boarding school. Dalam penyelenggaraan pendidikannya, para siswa dibekali juga dengan pemahaman hard skill dan soft skill yang dimaksudkan untuk menunjang kemampuan dan keterampilan siswa sebagai bekal hidup bermasyarakat. SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung menjadi salah satu sekolah yang menerapkan sistem boarding school. Melalui sistem boarding school sekolah ini menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan yang dimaksudkan untuk pendidikan karakter kepemimpinan siswa. Kegiatan harian siswa menjadi salah satu sarana pengembangan pendidikan karakter kepemimpinan yang dilaksanakan di sekolah, mulai dari kegiatan di asrama, di Masjid, di sekolah, hingga kegiatan di luar ruangan semuanya bertujuan untuk membina karakter kepemimpinan siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 25, No 1 (2025): JURNAL CIVICUS, JUNE 2025 Vol 24, No 1 (2024): JURNAL CIVICUS, JUNE 2024 (In Press) Vol 23, No 2 (2023): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2023 Vol 23, No 1 (2023): JURNAL CIVICUS, JUNE 2023 Vol 22, No 2 (2022): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2022 Vol 22, No 1 (2022): JURNAL CIVICUS, JUNE 2022 Vol 21, No 2 (2021): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2021 Vol 21, No 1 (2021): JURNAL CIVICUS, JUNE 2021 Vol 20, No 2 (2020): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2020 Vol 20, No 1 (2020): JURNAL CIVICUS, JUNI 2020 Vol 19, No 2 (2019): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2019 Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019 Vol 18, No 2 (2018): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2018 Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017 Vol 17, No 1 (2017): JURNAL CIVICUS, JUNI 2017 Vol 16, No 2 (2016): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2016 Vol 16, No 1 (2016): JURNAL CIVICUS, JUNI 2016 Vol 15, No 2 (2015): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2015 Vol 15, No 1 (2015): JURNAL CIVICUS, JUNI 2015 Vol 14, No 2 (2014): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2014 Vol 14, No 1 (2014): JURNAL CIVICUS, JUNI 2014 Vol 11, No 2 (2011): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2011 Vol 11, No 1 (2011): JURNAL CIVICUS, JUNI 2011 Vol 10, No 2 (2010): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2010 Vol 10, No 1 (2010): JURNAL CIVICUS, JUNI 2010 Vol 9, No 2 (2009): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2009 Vol 9, No 1 (2009): JURNAL CIVICUS, JUNI 2009 Vol 8, No 2 (2008): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2008 Vol 8, No 1 (2008): JURNAL CIVICUS, JUNI 2008 Vol 7, No 2 (2007): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2007 Vol 7, No 1 (2007): JURNAL CIVICUS, JUNI 2007 Vol 3, No 1 (2003): JURNAL CIVICUS, JUNI 2003 Vol 2, No 1 (2002): JURNAL CIVICUS, JUNI 2002 Vol 1, No 1 (2001): JURNAL CIVICUS, JUNI 2001 More Issue