cover
Contact Name
Didi Sundiman
Contact Email
sundiman.didi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sundiman.didi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan
Published by Joyful Academy
ISSN : 23546530     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
ANALISIS PERANAN DAN FUNGSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH PADA SMP NEGERI DAN SWASTA DI KUALA PEMBUANG Sanifa, Mimik
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum penelitian ini ditujukan untuk membangun pengetahuan tentang sejauh mana peranan dan fungsi tenaga administrasi sekolah dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Tenaga Administrasi Sekolah/ Madrasah dalam hal ini menempati peran penting sebagai tenaga kependidikan dengan tugasnya yang bukan sekedar membantu sekolah dalam urusan administrasi melainkan meliputi beberapa kegiatan penting dalam pengembangan kualitas sekolah seperti pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis. Dengan kata lain Tenaga Administrasi Sekolah ini bertugas sebagai pendukung berjalannya proses pendidikan di sekolah melalui layanan administratif guna terselenggaranya proses pendidikan yang efektif dan efisien di sekolah. Mereka adalah non teaching staff yang bertugas di sekolah, yang sering disebut dengan Tata Usaha (TU).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil : Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh Tenaga administrasi sekolah, menyebabkan pekerjaan sering lambat selesai. Namun kepala sekolah tetap membimbing guna peningkatan mutu pegawai administrasinya. Hal ini dilakukan mengingat minimnya pelatihan-pelatihan khusus tenaga administrasi sekolah di Kabupaten Seruyan. Kendala yang sering dihadapi adalah kurangnya koordinasi antara tenaga administrasi yang bertanggungjawab membantu masing-masing kaur sesuai bidangnya. Sehingga ada beberapa pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KEPANGKATAN, DAN MOTIVASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU SERTA IKLIM SEKOLAH (Studi pada Guru di SMPN 2 dan SMPN 3 Seruyan Tengah) Pahriani, Pahriani
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna pencapaian tingkat kehidupan yang semakin maju dan sejahtera. Mutu pendidikan tercapai apabila output-input guru, sarana dan prasarana serta biaya memenuhi syarat tertentu. Dari beberapa komponen tersebut yang banyak berperan adalah tenaga pendidik atau guru yang bermutu yaitu yang mampu menjawab tantangan-tantangan globalisasi dengan cepat dan bertanggung jawab. Penelitian ini menganalisa Pengaruh Tingkat Pendidikan, Kepangkatan, dan Motivasi terhadap Profesionalisme Guru serta Iklim Sekolah. Untuk menguji permasalahan tersebut, kuisioner ini disebarkan pada 30 guru pegawai negeri sipil SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Seruyan Tengah.Data yang terkumpul kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis Model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square(PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profesionalisme, (2) Kepangkatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profesionalisme, (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme, (4)Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim sekolah.
Upaya Kepala Sekolah Meningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMA PGRI I Sampit Halimah, Siti
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memfokuskan khusus pada evaluasi yang berorientasi pada ketercapaian tujuan peningkatan kompetensi pedagogik guru. Fokus penelitian  pada permasalahan  bagaimana  keadaan kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan proses belajar mengajar, bagaimanakah perencanaan upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru, bagaimanakah pelaksanaan upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dan evaluasi  peningkatan kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil dari penerapan delapan indikator kompetensi pedagogik secara umum dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru SMA PGRI 1 Sampit untuk mengidentifikasi bekal ajar peserta didik masih rendah. Kepala sekolah SMA PGRI 1 Sampit dalam menerapkan unsur-unsur manajemen untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dari merencanakan, meningkatkan, serta mengevaluasi guru yang dituntut memiliki sejumlah kompetensi. Upaya peningkatan kompetensti pedagogik guru dilaksanakan untuk mencapai visi, misi dan tujuan pendidik. Program untuk meningkatakan komptensi pedagogik guru telah mengarah kepada peningkatan kompetensi pedagogik guru sesuai dengan standar kompetensi pedagogik dan secara langsung berhubungan dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru.Kata kunci: Upaya Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik.
PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN KUALITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAK TARUNA JAYA SAMPIT Munde, Lusia
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine whether there is influence of education infrastructure and quality of teachers on learning achievement obtained SMAK Taruna Jaya Sampit.                This research is a quantitative analysis. Relationship variables in the study is a causal relationship (causal). The independent variable in this study, the effect of educational infrastructure (X1), the quality of teachers (X2) and the dependent variable was student achievement (Y). The study population was SMAK Taruna Jaya Sampit 2014/2015 school year as much as 167 person .Sampel were taken by 5 classes, namely class X1, X2, X3, XI, XI IPS. Data obtained by using questionnaires and student achievement in the second semester 2014/2015.                 There is also the results of hypothesis testing by t test that a significant level of infrastructure (X 1) 0,000 0,050 ≤ infrastructure which means variable effect on student achievement variable (Y) is thus HA Ho rejected and received the first hypothesis is accepted. For the quality of teachers (X2) 0.000 ≤ 0.050, which means the variable quality of teachers (X2) effect on student achievement (Y) is thus HA Ho rejected and receive the second hypothesis is accepted. By obtaining the calculated F value of 46.427 and probability of 0.000 <0.05 there is influence between infrastructure (X1) and the quality of teachers (X2) simultaneously on student achievement thus a third hypothesis is accepted.                Data were analyzed with multiple linear regression. Obtained regression equation is Y = 42.453 + (0.261) X1 + (0.436) X2. The results showed that the infrastructure and the quality of the teacher effect on student achievement SMAK Taruna Jaya Sampit with the contribution of 44.7% while the remaining 55.3% by other variables not examined in this study.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 4 (EMPAT) P DALAM KEGIATAN LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA Sundari, Tuti
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji metode-metode proses peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar peserta didik melalui pengembangan perangkat dalam model 4P yang diterapkan dalam Lesson study. Penelitian ini juga mendeskripsikan pengaruh mengembangan perangkat pembelajaran dalam model 4 P yang diterapkan dalam Lesson study sebagai upaya peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar, yang mengacu pada peningkatan hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan model Pembelajaran 4P dalam kegiatan Lesson study dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar fisika di kelas. Peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar mempengaruhi peningkatan hasil belajar. Hasil yang diperoleh pada nilai psikomotor menunjukan tingkat aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran terutama dari aktifitas kerja fisik yang bersifat Motor activities dan secara kelompok serta menunjukan kemampuan Mental activities sudah rata-rata sangat baik. Hasil refleksi pengamatan dan tanggapan observer serta perhitungan nilai rata-rata sikap peserta didik dalam pembelajaran melalui diskusi kelompok diketahui adanya perolehan hasil belajar rata –rata Amat Baik. Nilai rata-rata yang dicapai peserta didik memuaskan yaitu 82,54. Secara umum kompetensi Dasar 2.2. tentang Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari telah telah mencapai ketuntasan, peserta didik yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 92,3 %.
Telaah Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Di Sampit (Kasus Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit Dan Universitas Darwan Ali Tahun 2013) Sutejo, Bambang
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the factors that affect student learning difficulties in Sampit. The numbers of population members are 730 people which are then taken of the number of 120 students to be sampled with accidental sampling method. The method of analysis used in this study is the factors analysis.Factor one (F1), formed from grain physical health and emotions that have a factor loading above 0.50, for so-called factor F1 of Health. Factor two (F2), called Social factors have formed from grains Close riends, with students and faculty relationship between student relationship. Factor of three (F3), called learning factor, because the items in it consists of grains Interests talent, How to lesson presentation by the lecturer and the lecture material of lesson. All of these variables have factor loading above 0.50. From the results of the study were found to contribute to higher education providers in managing the student in order to strengthen the institutional aspects of the campus and the quality of the alumni graduation at a later date.
PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP PROFESIONALISME, KINERJA, DAN KESEJAHTERAAN GURU PADA MTsN DI SAMPIT KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR Nurhasanah, Nurhasanah
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teacher education is a subject that has a position to determine the success of education itself. With the teacher certification program is expected to increase professionalism, performance and welfare of teachers. This study was conducted in MTsN Sampit East Kotawaringin, with the title "Effect of Certification on Professionalism, Performance and Welfare of Teachers at the Ministry of Religious MTsN Sampit East Kotawaringin ". The goals to be achieved in this research are: Determine the influence of certification on the professionalism of teachers, Determine the influence of certification on teacher performance, Knowing the professionalism influences affect the performance, Knowing the effect on the welfare of the teacher certification, and Knowing how influence on the welfare of teachers' performance in MTsN Sampit East Kotawaringin.The data analysis technique used is the analysis of SEM-PLS (Structure Equation Modelling- Partial Least Square) are grouped into two, namely statistical analysis descriptive and inferential statistical analysis. PLS analysis results yield coefficient lines as follows: X= 0.644 and t-value= 9.938 + Y1 = 0.155 and t-value= 1,110+ Y2= 0.407 and t-value= 3.138 + Y3= 0.036 and t-value= 0.184 + Y4= 0.522 and t-valui,= 5.148. The conclusion of this study are: Teacher Certification significant effect on Teacher Professionalism, Teacher Certification no significant impact on teacher performance, Teacher Professionalism significant impact on teacher performance, Teacher Certification does not significantly influence the Teachers' Welfare, Teacher Performance significantly influence the Teachers' Welfare at in MTsN Sampit East Kotawaringin.The suggestion (1) For the Head Office of the Ministry of Religious East Kotawaringin in order to improve the quality of teachers by organizing training and professional academic as well as provide oversight and assessment of teachers especially those who have certification in order to become a teacher profesiona. (2) For teachers to create professional development work in order to obtain academic achievement and become a professional. 
PENERAPAN METODE COOPRATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN - 2 HANAU Mulyani, Mulyani
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islamic Education (PAI) has ore value in the cultivation of the values and character of the learners. Islamic education is the cornerstone of character development of students. Improving the quality of Islamic education in schools is intended as an effort to achieve goals through increased PAI minimum standards of achievement in the subject of PAI in the cognitive and psychomotor. Learning in the Education Unit Level Curriculum (SBC) requires  the active participation of all students. So in the prosess of learning, student-centered activities, the teacher’s role as motivator an facilitator only it is cooperative learning. In cooperative learning activities of students during script really empower students to actualize the potential of knowledge an dkills, so it really fits with the constructivist approach develoved at this time.In cooperative learning, students are trained to be able to work together and recognize differences of opinion with other people. Of some kinds of models of cooperative learning, cooperative learning model used in the script is very precise and PAI learning as a strategy to improve student learning outcomes PAI. Cooperative script is a learning model that conditioned student to work in pairs and verbally summarize the parts of the material being studied. Analysis of the data used is a different test pairs of data it can be concluded that the use of learning using cooperative learning methods of students more active script and understand the subject matter. Students are also more willing to as the teacher, it is supported by a fun learning atmosphere, compared with conventional models, students are less active and the students seem less enthusiastic in participating in learning.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HANAU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Cahyeni, Resti; Mulyono, Edy
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendekatan dengan permainan adalah model yang akan digunakan dalam penelitian ini, khususnya untuk nomor lompat jauh gaya jongkok. Bermain adalah sesuatu yang menyenangkan bagi siswa, dengan bermain siswa tidak merasakan lelah ataupun terbebani dalam melakukan aktivitas. Permainan dalam atletik khususnya nomor lompat jauh adalah bertujuan agar siswa dalam melakukan permainan terfokus pada model proses pembelajarannya.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan (tindakan) latihan yang berbeda pada setiap kelompok, yang mana setiap kelompok diberi perlakuan (tindakan) yang berbeda. Penelitian ini untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan pre-test (tes awal) dan pos-test (tes akhir), dengan melihat perbandingan selisih (perubahan) hasil belajar untuk setiap kelompok. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan Uji beda antar kelompok dengan cara mengukur peningkatan hasil belajar lompat jauh dengan tujuan untuk melihat perubahan yang ditimbulkan oleh perlakuan yang diberikan pada subyek, apakah rata-rata nilai tersebut berbeda. Uji hipotesis dilakukan berdasarkan hasil analisis data dengan Uji beda antar kelompok pada tes awal (pre-test) yang menggunakan t test dengan ketentuan jika t hitung lebih besar dari t tabel atau tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Uji analisis ini digunakan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa sebelum diberikan perlakuan dengan metode yang berbeda. Kelompok 1 (kelas control) dengan media kardus, kelompok 2 menggunakan model latihan pliometrik single leg hop, kelompok 3 menggunakan model latihan pliometrik double leg hop, dan kelompok 4 menggunakan model kombinasi latihan pliometrik single leg hop dan double leg hop. Proses analisis ini menggunakan bantuan program SPSS.Yang mana hasilnya adalah pembelajaran melalui metode latihan pliometrik single leg hop, double leg hop dan Kombinasi single leg hop dan double leg hop lebih baik dibanding latihan dengan media kardus untuk dapat meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hanau.
PERBEDAAN PENGARUH CARA MEMEGANG TURBO TERHADAP PRESTASILEMPAR TURBO PADA SISWASDN SEMANTUN DI KECAMATAN PERMATA KECUBUNG KABUPATEN SUKAMARA TAHUN 2015 Putra, Roma NSH
Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Jurnal Aplikasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to determine differences in the effects of exercise by holding the turbo between the hold using the five fingers and hold to use three fingers in the middle of the turbo, behind turbo, and behind the turbo with the index finger on the tail of the achievements of throwing a turbo on the students of SDN SemantunSukamara year 2015, and to know how to hold the turbo Which best to improve performance in throwing turbo. This research used an experimental method with the student population of SDN Semantun class IV, V, and VI of the academic year 2014/2015 amounted to 86 students, divided into five classes. The sampling technique in this study using total sampling or total population. Data collection techniques is to use the test and measurement capabilities turbo sheet, which is then divided into two groups using ordinal pairing where each treatment group received three different exercises. Data analysis techniques in this study using paired sample T-test and independent sample t-test. The result are: (1) there is a significant difference between holding turbo turbo in the middle, behind the turbo and turbo with the index finger behind at the tail of the turbo throw achievement; (2) how to hold the turbo behind the turbo with the index finger on the tail least better than holding the turbo in the middle or back of the turbo to turbo throwing achievement; (3) there is no difference between the effect of turbo holding with three fingers and five toes on turbo throw achievement.

Page 1 of 3 | Total Record : 22