cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Spektran
Published by Universitas Udayana
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Spektran merupakan berkala ilmah online yang dikelola oleh Program Magister Teknik Sipil, Program Pascasarjana Universitas Udayana. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2013 dan selanjutnya diterbitkan 2 kali setahun setiap bulan Januari dan Juli. Jurnal Spektran mempublikasikan hasil penelitian dan kajian dari mahasiswa, akademisi, praktisi dan pengamat masalah ketekniksipilan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2022)" : 7 Documents clear
ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN IMB MELALUI APLIKASI SIMBG DI KOTA DENPASAR I Putu Rizky Adhi Darma; I Nyoman Yudha Astana; A.A Diah Parami Dewi
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p06

Abstract

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah salah satu prosedur perijinan yang harus dipenuhi dalam suatu kegiatan penataan sekaligus pengendalian ruang. Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Dalam pelaksanaannya di lapangan masih ditemukan permasalahan. Kepuasan masyarakat terhadap Sistem SIMBG dapat diukur dari yang terdiri dari dimensi kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kebermanfaatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kebermanfaatan masyarakat (perceived usefulness) terhadap kepuasan pemohon. Indikator terlemah dari setiap dimensi tersebut mengindikasikan perlunya perbaikan untuk meningkatkan implementasi sistem SIMBG. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yakni penelitian yang menggunakan data terukur, dan menghasilkan simpulan yang dapat digeneralisasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey menggunakan kuesioner yang disebarkan ke pemohon IMB. Pengolahan dan analisis data menggunakan metode SEM (Struktural Equation Modeling) dengan bantuan software aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini adalah Kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon dengan nilai t statistik > nilai t tabel (1,96) dan kebermanfaatan masyarakat mampu memediasi hubungan antara kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan dengan kepuasan pemohon. The Building Permit (IMB) is one of the licensing procedures that must be met in an activity as well as spatial control. The Directorate of Building Arrangements, Directorate General of Human Settlements, Ministry of PUPR has developed a Building Management Information System (SIMBG). In its implementation in the field, the problems were still found. Community satisfaction with the SIMBG system can be measured from the dimensions of system quality, information quality, service quality and perceived usefulness. The purpose of this study is to determine the relationship between system quality, information quality, service quality and perceived usefulness to applicant satisfaction. The weakest indicator of each of these dimensions indicates the need for improvement to improve the implementation of the SIMBG system. This research was a research with a quantitative approach, namely research that uses measured data, and produces conclusions that can be generalized. This research was carried out using a survey method using a questionnaire distributed to IMB applicants. Data processing and analysis used the SEM (Structural Equation Modeling) method with the help of SmartPLS application software. The results of this study were system quality, information quality and service quality have a positive and significant effect on applicant satisfaction with a statistical t value > t table value (1.96) and perceived usefulness were able to mediate the relationship between system quality, information quality and quality. service to the satisfaction of the applicant.
ANALISIS KEBISINGAN ARUS LALU LINTAS DI LUAR DAN DI DALAM RUANGAN PADA KAWASAN SIMPANG LIMA SUNSET ROAD Dewa Made Priyantha Wedagama; I Putu Alit Suthanaya; Made Dwiki Semaraditya Permana Wirya
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p02

Abstract

Kebisingan karena lalu lintas pada daerah perkotaan di Bali menyebabkan terganggunya masyarakat sekitar dan pada sektor pariwisata. Kawasan Simpang Lima Sunset Road menjadi salah satu pusat pariwisata di Kabupaten Badung yang menjadikan aktifitas trasnportasi maupun perdagangan menjadi berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh jarak dan arus lalu lintas sebagai sumber kebisingan yang ditimbulkannya di dalam dan luar ruangan pada kawasan Simpang Sunset Road, menyusun model matematis yang menyatakan hubungan antara variasi jarak dengan arus lalu lintas yang berpengaruh terhadap kebisingan di dalam dan luar ruangan pada kawasan Simpang Lima Sunset Road dan menganalisis persepsi kebisingan oleh pengguna fasilitas umum di kawasan Simpang Lima Sunset Road.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data kebisingan lau lintas, volume lalu lintas, persepsi masyarakat dan tata guna lahan. Data sekunder meliputi peta lokasi penelitian..Tingkat kebisingan tertinggi terjadi pada lahan kosong berjarak 10 meter yaitu sebesar 71,89 dB(A). Rata-rata kebisingan akibat lalu lintas di Simpang Lima Sunset Road yang tertinggi terjadi untuk jarak 10 meter dari tepi jalan sebesar 68,317 dB(A) dan untuk jarak 20 meter sebesar 65,84 dB(A) sehingga kawasan tersebut dikategorikan bising (> 60 dB(A)). Model kebisingan lalu lintas terbaik berdasarkan volume pada Pertokoan Sunset Star jarak 10 meter yaitu y = -36,844x2 + 5170,9x – 179437 dengan nilai R2 = 0,2518, pada Pertokoan Sunset Star jarak 20 meter yaitu y = 1,886x2 - 255,46x + 10480 dengan nilai R2 = 0,0012,dan model terbaik kebisingan lalu lintas berdasarkan volume pada lahan kosong jarak 10 meter yaitu y = -4,6268x3 + 982,82x2 - 69419x + 2E+06 dengan nilai R2 = 0,3963, dan lahan kosong jarak 20 meter adalah y = 0,2814x3 - 72,179x2 + 6002,1x – 160905 dengan nilai R2 = 0,3434). Persepsi masyarkat di sekitar Simpang terdapat 63% responden yang merasa cukup terganggu. Hal ini menunjukkan suara kendaraan yang berada pada kawasan Simpang Lima Sunset Road tidak begitu berpengaruh terhadap gangguan yang dialami responden. Pernyataan ini didukung hasil pengaruh lalu lintas terhadap kebisingan yang dialami di kawasan Simpang Lima Sunset Road. Model Polynomial hubungan volume dan kebisingan (Leq) berupa persamaan y = -36,844x2 + 5170,9x – 179437 dengan nilai R2 = 0,2518 yang artinya volume kendaraan berpengaruh sebesar 25,18 % terhadap kebisingan. Noise caused by traffic in urban areas in Bali causes disruption to the surrounding community and to the tourism sector. Simpang Lima Sunset Road area becomes one of the tourism centers in Badung Regency that makes transportation and trade activities become developed. The purpose of this study was to analyze the influence of distance and traffic flow as a source of noise caused indoors and outdoors in the Simpang Sunset Road area, develop a mathematical model that states the relationship between distance variations and traffic flows that affect indoor and outdoor noise in the Simpang Lima Sunset Road area and analyze noise perception by users of public facilities in the Simpang Lima Sunset Road area.Data in use in this study is primary data and secondary data. Primary data includes traffic noise data, traffic volume, community perception and land use. Secondary data includes a map of the research location. The highest noise level occurs on vacant land 10 meters away which is 71.89 dB(A). The highest average traffic noise at Simpang Lima Sunset Road occurred for a distance of 10 meters from the curb of 68,317 dB(A) and for a distance of 20 meters of 65.84 dB(A) so that the area was categorized as noisy (> 60 dB(A)). The best traffic noise model based on volume at Sunset Star Shops distance of 10 meters is y = -36.844x2 + 5170.9x – 179437 with a value of R2 = 0.2518, at Sunset Star Shops distance of 20 meters ie y = 1,886x2 - 255.46x + 10480 with a value of R2 = 0.0012, and the best model of traffic noise based on volume on land empty distance of 10 meters i.e. y = -4.6268x3 + 982.82x2 - 69419x + 2E+06 with value R2 = 0.3963 , and the vacant land distance of 20 meters is y = 0.2814x3 - 72.179x2 + 6002.1x – 160905 with a value of R2 = 0.3434). The perception of people around Simpang is that 63% of respondents feel quite disturbed. This shows that the sound of vehicles in the Simpang Lima Sunset Road area does not have much effect on the disturbance experienced by respondents. This statement is supported by the impact of traffic on noise experienced in the Simpang Lima Sunset Road area. Polynomial model of volume and noise relationship (Leq) in the form of equation y = -36,844x2 + 5170.9x – 179437 with a value of R2 = 0.2518 which means the volume of the vehicle affects 25.18 % of noise.
MANAJEMEN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN SHORTCUT DENPASAR-SINGARAJA I Gusti Ngurah Putra Wijaya; Nyoman Martha Jaya; I Dewa Ketut Sudarsana
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p07

Abstract

Provinsi Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang aktif pada sektor pariwisata, fokus pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata ialah proyek Shortcut Denpasar-Singaraja. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, brainstorming dan survei. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 32 orang responden yang berkompeten dan berpengalaman pada proyek shortcut Denpasar- Singaraja. Penilaian dan penerimaan risiko berdasarkan standar Australia Standart/New Zealand Standart (AS/NZS) 4360:2004. Hasil penelitian terdapat 72 risiko yang teridentifikasi berdasarkan 4 sumber risiko. Hasil penilaian dan penerimaan risiko didapatkan 30 risiko dominan yang terdiri dari 27 ( 42%) tergolong risiko tinggi (high risk), dan 3 (5%) jenis risiko sangat tinggi (very high risk). Risiko very high risk yaitu pekerjaan cut and fill tanah dengan risiko pekerja tertimbun longsoran tanah, pekerjaan beton dengan aktifitas pemasangan scafolding dengan risiko terjatuh dari ketinggian dan pekerjaan erection beton girder yaitu pada aktifitas pemasangan box girder dengan risiko terpeleset hingga terjatuh dari ketinggian. Risiko kategori high risk pada pekerjaan persiapan terdapat 7 risiko, pekerjaan cut and fill terdapat 6 risiko, pekerjaan jembatan terdapat 13 risiko dan pada pekerjaan jalan terdapat 1 risiko yaitu terpeleset hingga terjatuh dari ketinggian pada saat perataan tanah dan pemasangan rumput. Terdapat 75 tindakan mitigasi untuk risiko dominan antara lain melakukan safety induction seminggu sekali dengan memberikan penjelasan sebelum dimulai semua aktifitas, selalu memakai APD melakukan pemeriksaan terhadap kekuatan dan ketegakan scafolding, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan metode kerja secara benar.Alokasi kepemilikan risiko (risk ownership) yaitu jabatan safety berada di urutan pertama (57%), dilanjutkan dengan site manager (23%) dan jabatan supervisor civil (20%). Bali Province is one of the provinces in Indonesia that is active in the tourism sector, the focus of developing tourism supporting infrastructure is the Denpasar-Singaraja Shortcut project. This research was conducted using a qualitative descriptive method. Data collection was carried out by means of observation, brainstorming and surveys. Questionnaires were distributed to 32 competent and experienced respondents on the Denpasar-Singaraja shortcut project. Assessment and acceptance of risk based on the Australian Standard / New Zealand Standard (AS / NZS) 4360: 2004. The results of the study there were 72 identified risks based on 4 sources of risk. The results of risk assessment and acceptance showed 30 dominant risks consisting of 27 (42%) classified as high risk, and 3 (5%) types of very high risk. Very high risk, namely soil cut and fill work with the risk of workers being buried by landslides, concrete work with scafolding installation activities with the risk of falling from a height and concrete girder erection work, namely in box girder installation activities with the risk of slipping and falling from a height. There are 7 risks in the high risk category for preparatory work, 6 risks for cut and fill work, 13 risks for bridge work and 1 risk for road work, namely slipping and falling from a height during leveling of the ground and installing grass. There are 75 mitigation measures for dominant risks, including conducting safety induction once a week by providing an explanation before starting all activities, always wearing PPE, checking the strength and enforceability of scaffolding, and supervising the correct implementation of work methods. namely the safety position in first place (57%), followed by the site manager (23%) and the civil supervisor position (20%).
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KABUPATEN GIANYAR Ni Made Diah Agustini; A.A. Gde Agung Yana; A.A. Diah Parami Dewi
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p03

Abstract

Kemampuan manajemen khusus diperlukan untuk mengelola suatu proyek konstruksi yang rumit demi tercapainya keberhasilan proyek. Meski kriteria keberhasilan proyek telah diketahui kegagalan proyek masih bisa terjadi. Penyebab kegagalan proyek di Kabupaten Gianyar disebabkan oleh perusahaan konstruksi tidak memiliki sumber daya yang cukup, penawaran harga terlalu rendah, hubungan yang kurang baik antara kontraktor dengan mitranya sehingga dapat disimpulkan bahwa kegagalan proyek disebabkan oleh kondisi internal perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor dominan pada internal perusahaan yang mempengaruhi keberhasilan proyek konstruksi gedung di Kabupaten Gianyar. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori serta analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis faktor dan analisis regresi linier berganda didapatkan lima kelompok variabel baru yaitu Sumber Daya Dan Kemampuan Perusahaan (X1) dengan nilai koefisien regresi ? (Beta) sebesar 0,205, Penerapan Manajemen Konstruksi (X2) sebesar 0,261, Budaya Kerja Yang Efektif (X3) sebesar 0,191, Strategi Perusahaan (X4) sebesar 0,264, serta Perencanaan, Metode dan Teknologi Perusahaan (X5) sebesar 0,207. Dari analisis regresi disimpulkan bahwa kelima faktor internal secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan proyek konstruksi Gedung. Special management skills are required to manage a complex construction project in order to achieve project success. Even though the criteria for project success have been known, project failures still occur. The cause of project failure in Gianyar Regency was caused by the construction company not having sufficient resources, the price quote was too low, the relationship between contractors and partners was not good, so it can be concluded that the project failure was caused by the company's internal conditions. The purpose of this study was to analyze the dominant of company's internal factors that affect the success of building construction projects in Gianyar Regency. Methods of data collection with questionnaires and analysis used is exploratory factor analysis and multiple linear regression analysis. The results of the factor analysis and multiple linear regression analysis obtained five groups of new variables and it was concluded that the five internal factors partially and simultaneously had a positive and significant effect on project success with the dominant variable are Corporate Strategy with a regression coefficient value of (Beta) are 0.264, Implementation Construction Management (X2) are 0.261, Company Planning, Methods and Technology (X5) are 0.207, Company Resources and Capabilities (X1) are 0.205, and Effective Work Culture (X3) are 0.191.
SISTEM KONTROL HAND SANITIZER OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS Ega Safitrah; Muhamad Irsan; Dadang Sujana
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p04

Abstract

Dengan keadaan new normal, masyarakat Indonesia harus lebih intensif dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan salah satunyadengan mencuci tangan dengan bersih. Penggunaan hand sanitizer adalah sebuah upaya pencegahan penularan virus Covid-19. Penelitian ini akan dilakukan suatu pengembangan alat yang berupa hand sanitizer otomatis yang akan mengeluarkan cairannya sendiri menggunakan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mendeteksi suatu objek dengan jarak kurang lebih 5 cm. Sensor yang digunakan adalah sensor ultrasonik,sensor air dan sensor infrared. Penerapan internet of things pada hand sanitizer otomatis ini adalah dengan mengirimkan notifikasi berupa pesan masuk jika kondisi cairan hand sanitizer di dalam botol harus segera diisi ulang melalui aplikasi telegram yang akan dideteksi oleh sensor air, jika kondisi cairan sudah mencapai 250cc (50%) dan 125 cc (25%) . Metode yang digunakan adalah metode Internet of things (IoT) yang merupakan sebuah pengembangan internet yang sedang berjalan, dimana sebuah benda yang mempunyai kemampuan komunikasi yang membuat mereka dapat mengirim dan menerima data. Sistem ini dibuat untuk membantu dan mempermudah petugas kebersihan dalam mengontrol kondisi cairan hand sanitizer serta untuk mengurangi kontak fisik pengguna dalam pemakaian hand sanitizer. The new normal situation, Indonesian people must be more intensive in maintaining health and hygiene. The community must comply with health protocols, one of which is by washing hands thoroughly. The use of hand sanitizers is an effort to prevent the spread of the Covid-19 virus. This research will develop a tool in the form of an automatic hand sanitizer that will release its liquid using an ultrasonic sensor that functions to detect an object with a distance of approximately 5 cm. The sensors used are ultrasonic sensors, water sensors, and infrared sensors. The implementation of the internet of things on this automatic hand sanitizer is to send a notification in the form of an incoming message if the condition of the hand sanitizer liquid in the bottle must be refilled immediately via the telegram application, which will be detected by the water sensor if the liquid condition has reached 250cc (50%) and 125 cc (25%). The method used is the Internet of things (IoT) method which is an ongoing internet development where an object has communication capabilities that allow them to send and receive data. This system was created to assist and make it easier for janitors to control the condition of the hand sanitizer liquid and to reduce the physical contact of users in using hand sanitizers.
UPAYA PENANGGULANGAN KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN BADUNG GAP Candra Dharmayanti; Dewa Ketut Sudarsana; Ida Bagus Meranggi Guhyathama
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p05

Abstract

Pada pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Badung tahun anggaran 2019-2020 terdapat 31 paket pekerjaan dari total 118 paket pekerjaan proyek konstruksi yang mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor penyebab keterlambatan dan merumuskan upaya penanggulangan keterlambatan pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang melibatkan 40 responden yang terkait dalam pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Badung tahun 20192020. Analisis Relatif Important Indeks (RII) digunakan untuk menentukan peringkat faktor penting yang menyebabkan keterlambatan pelaksanaan proyek konstruksi. Metode Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk merumuskan upaya penanggulangan keterlambatan pelaksanaannya. Hasil Analisis RII menunjukkan faktor yang paling berpengaruh yaitu Faktor Tenaga Kerja (Labors) dengan nilai RII sebesar 0.842. Upaya penanggulangan keterlambatan dirumuskan melalui metode Focus Group Discussion (FGD) yang mencakup upaya peningkatkan keterampilan pekerja dengan cara pemberian edukasi dan pelatihan secara rutin, memperhatikan kebersihan dan kelayakan tempat tinggal pekerja karena tempat tinggal pekerja yang tidak sehat dapat menyebabkan tingginya angka pekerja yang sakit, pemantauan kedisiplinan tenaga kerja, mengadakan pertemuan atau safety talk untuk membahas kendala kendala yang terjadi di lapangan serta memberikan arahan terkait scope pekerjaan, pengaturan area persebaran para pekerja agar masih dapat termonitor dengan baik. In the implementation of construction projects in Badung Regency in the year 2019-2020, 31 work packages out of a total of 118 work packages, encountered delays from the set schedule. This research aims to discover the important factors causing project’s delays and to formulate efforts to manage delays on construction projects in Badung Regency. Descriptive method was used in this study. Data collection method was conducted through a questionnaire survey that was distributed to 40 respondents, who were involved in the implementation of construction projects in Badung Regency, in the year 2019-2020. Respondents' responses were tabulated and analysed by using the Relative Important Index (RII) analysis to discover the factors that mostly effected on construction project delays. Then the related mitigation to overcome the delays were formulated based on the result of a Focus Group Discussion (FGD). The results showed Labor Factor had the most influencing factor, with an RII value of 0.842. Through the Focus Group Discussion, the mitigation formulated for the delays in construction project implementation caused by the labour factor, were: providing training regularly to improve workers’ skills and abilities, take notice to the cleanliness and appropriateness of workers' living quarters because an unhealthy worker's place can cause a high number of sick workers, monitoring labours’ discipline, holding meetings or safety talks routinely to discuss the deterrents that happen in the field and provide directions to workers so they understand the scope of work, and adjusting workers’ work distribution area, so they can be monitored optimally.
PERANAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, INFRASTRUKTUR DAN PENGAWASAN DALAM IMPLEMENTASI SISTEM e-PROCUREMENT DI KOTA KUPANG Anak Agung Gde Agung Yana; I Nyoman Yudha Astana; Margaretha Yuneta
JURNAL SPEKTRAN Vol 10 No 1 (2022)
Publisher : Master of Civil Engineering Program Study, Faculty of Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/SPEKTRAN.2022.v10.i01.p01

Abstract

E-Procurement merupakan proses pelaksanaan pengadaan barang atau jasa yang pemanfaatannya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi berawal dengan Perpres Nomor 54 Tahun 2010. 80 persen tingkat kasus korupsi kolusi dan nepotisme berasal pengadaan barang dan jasa sehingga implementasi atau pengaplikasian e-Procurement di Kota Kupang digambarkan dengan tidak efisien dan transparan. Pola pikir, etika pegawai dan aktivitas pegawai untuk melakukan kejahatan yang tidak terdeteksi oleh sistem, adanya beberapa pihak yang mampu membobol sistem dan beberapa kasus pengawasan yang hanya dilakukan secara internal. Kasus-kasus ini yang menjadikan faktor kompetensi sumber daya manusia, infrastruktur dan pengawasan resisten dalam implementasi e-Procurement di Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh faktor kompetensi sumber daya manusia, infrastruktur dan pengawasan dalam implementasi sistem e-Procurement dan memberikan rekomendasi strategi dalam meningkatkan implementasi sistem e-Procurement di Kota Kupang. Jenis penelitian adalah penelitian mix methods. Penentuan sampel yaitu metode nonprobability sampling, dengan cara pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel penelitian adalah pegawai Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Kupang dengan jumlah 33 responden. Metode survei melalui pengisian kuesioner dan wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Alat analisis yang digunakan adalah Smart Partial Least Square 3.2. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa faktor kompetensi sumber daya manusia, infrastruktur dan pengawasan berpengaruh terhadap implementasi sistem e-Procurement Kota Kupang. Dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, infrastruktur dan pengawasan akan meningkatkan kesuksesan implementasi sistem e-Procurement. Setelah membuktikan pengaruh secara empiris maka diberikan rekomendasi strategi dengan merangkum dari hasil wawancara dan brainstorming. Beberapa rekomendasi strategi dalam meningkatkan implementasi sistem e-Procurement yakni penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, server bantuan melalui Dinas Kominfo, memperbaiki jaringan data atau internet dan sosialisasi untuk mengajak masyarakat memonitoring, meningkatkan transparansi dalam evaluasi dengan memberi saran untuk menambah menu evaluasi pada website Lembaga Pengadaan Secara Elektronik, melaksanakan e-audit dan juga membuat regulasi atau peraturan tentang pelaksanaan e-audit untuk proses pengadaan barang/jasa. Utilization of information and communication technology to carry out the procurement of goods/services is called e-Procurement. Implementation began with the Presidential Regulation Number 54 of 2010. 80 percent of the level of corruption, collusion and nepotism stemming from the procurement of goods and services, so that the implementation of e-Procurement in Kupang City is categorized as inefficient and transparent. The mindset, employees and activities of employees to commit crimes that are not detected by the system, there are several parties who are able to break into the system and there are several cases of supervision that are only carried out internally. These cases are the factors of human resource competence, infrastructure and resistance monitoring in the implementation of e-Procurement in Kupang City. This study aims to obtain empirical evidence of the influence of competency factors of human resources, infrastructure and supervision in the implementation of the e-Procurement system and provide strategic recommendations in improving the implementation of the e-Procurement system in Kupang City. This type of research is a mixed methods research. sample determination is non-probability sampling method, with the sampling method used is saturated sampling. The research sample is the employees of the Procurement Section of the Regional Secretariat of Kupang City with a total of 33 respondents. The survey method through filling out questionnaires and interviews is a data collection technique used. The data analysis technique used is Smart Partial Least Square 3.2. The results in this study indicate that the competence of human resources, infrastructure and supervision has an effect on the implementation of the e-Procurement system in Kupang City. By improving the competence of human resources, infrastructure and supervision will increase the success of the implementation of the e-Procurement system. After determining the effect empirically, a strategy recommendation is given by summarizing the results of interviews and brainstorming. Some strategic recommendations in improving the implementation of the e-Procurement system are the provision of education and training, improving the internet network and server assistance through the Information and Communications Service, outreach to invite the public to monitor, improve evaluation in evaluation by providing suggestions for adding an evaluation menu to the Procurement Institution's website. In general, Electronic, carrying out e-audits and also making regulations or regulations regarding the implementation of e-audits for the process of procuring goods/services.

Page 1 of 1 | Total Record : 7