cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIEM (Journal of Islamic Education Management)
ISSN : -     EISSN : 25490877     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap bulan Juni dan Desember dan mulai terbit tahun 2016, membahas tentang permasalahan manajemen pendidikan Islamt sebagai upaya menghasilkan leadership dan managerial yang profesional yang menjadi tujuan utama studi manajemen pendidikan Islam (MPI).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Gaya Komunikasi Pimpinan terhadap Kinerja Pegawai Randika Widianto Randi
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.14131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim komunikasi organisasi dan juga pengaruh gaya komunikasi pimpinan terhadap kinerja pegawai di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif untuk memberikan gambaran umum responden dan analisis kuantitatif menggunakan model analisis regresi linier berganda.Sampel dari penelitian ini adalah para pegawai di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau, Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Organisasi dan teori iklim organisasi, Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa iklim komunikasi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Riau adalah positif. Begitupula dengan gaya komunikasi pimpinannya yang berlandaskan persamaan (The Equilitarian Style), membuat kinerja para pegawai memiliki kepercayaan yang tinggi antar pegawai dan pimpinan. Keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama, jujur, saling mendengar baik ke atas maupun ke bawah, dan saling perhatian demi kinerja yang tinggi. Pengaruh gaya kepemimpinan yang berlandaskan persamaan (The Equilitarian Style), juga membuat iklim organisasi menjadi lebih responsif, tanggung jawab, serta akuntabilitas yang berintegrasi dan konsisten.  
Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Sekolah Unggulan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sabilul Huda Cirebon Asep Kurniawan
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.12864

Abstract

The existence of public relations in schools plays an important role as a communication liaison and building partnerships between schools and their communities to create superior schools. The purpose of this study was to reveal in-depth the management of public relations in building excellent schools in Islamic Primary Full Day School Sabilul Huda. This research was a descriptive qualitative field research. Data collection instruments were in-depth interviews, in-depth observation, and documentation. The analysis technique was done through data reduction, data display, and data inference. The results showed that the management of public relations was implemented by Primary Islamic Full Day School Sabilul Huda could be categorized as successful in building superior schools. It was shown from the academic achievements of student learning outcomes and non-academic achievements of the development of students' interests and talents. This public relations management was carried out through planning, implementation, and evaluation. Public Relations had a role in guarding the implementation of these programs and were responsible to the principal. The awareness of all parties in optimizing these programs was in accordance with their fields and abilities in realizing the excellence of schools.
Manajemen Tenaga Pendidik SDTQ Al-Mujahidin Surakarta Lathifa Rosyida; Ratna Dewi Wahyuningsih; Arini Nurul Husna; Fitria Jamilatul Fahmi
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.12112

Abstract

Human resource management, especially teachers, is a key element in an educational institution. Teachers play an important role in the educational process. This research aims to determine the form of teachers management through recruitment, induction and orientation programs, placement and classification of teachers, developing and coaching programs, and teachers appraisal at SDTQ Al-Mujahidin. This research uses descriptive qualitative research. Data collection was carried out by observation, interview, and documentation. Analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and verifying data. The results of this study indicate that the form of teachers management at SDTQ Al-Mujahidin is coordinated by the school and the foundation. Recruitment is carried out to find qualified teachers according to the criteria and needs. After recruiting, the school held an orientation program for new teachers so that they have the same perception in teaching to achieve the school's goals. Teachers are placed and classified based on criteria, needs, and the results of teachers appraisal. The school also holds development and training programs so that teachers can develop their skills. In addition, as a form of evaluation for teachers, the school is assisted by the foundation conducting teachers appraisal and evaluations related to teaching, and the result will be used as a reference for updating schools programs in the future.Keywords: Teachers Management, Recruitment, Orientation, Development, Teachers Appraisal.
Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Sistem Manajemen Sarana Prasarana di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Wonosobo Tafyiroh Tafyiroh; Subiyantoro Subiyantoro
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.12528

Abstract

At Islamic boarding schools tend to have skin diseases that are contagious due to lack of personal hygiene. Personal hygiene is an effort that can be made to improve the health of students in the hope that infectious diseases will decrease. This study aims to analyze the implementation of integrated quality management in the infrastructure management system at the Ulumul Qur'an Islamic Boarding School, Wonsosobo. The approach used in this study is an exploratory qualitative approach. Data collection techniques using observation techniques, interviews and documentation. The informants in this study were the leaders of the pesantren, administrators and ustadz-ustdzah. The results of this study indicate that the Ulumul Qur'an Islamic Boarding School has optimized the management of infrastructure facilities in an effort to improve personal hygiene behavior for its students.
Konflik Anak Kos Str Lima Kaum Dalam Tinjauan Teori Konflik Dahrendorf Albar Rizki; Hafiza Astri; Ike Nurdiana
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.14184

Abstract

Fakta lapangan terkait kos bahwa terdapat 98% pelajar perantauan memilih untuk bertempat tinggal di kos. Hal ini mendukung karena kos mempunyai jarak yang dekat dengan pendidikan mereka. Teori konflik Dahrendorf dipilih dalam artikel ini karena memiliki keterkaitan pada sumber maupun penyebab konflik, dampak dari konflik itu sendiri dan bagaimana invidu memilih pendekatan pada penyelesaian konflik yang terjadi. Peneliti memilih hal ini karena topik ini menarik untuk dilakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalan metode kualitatif dengan cara mewawancarai responden dan didukung oleh penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik anak kos Str Lima Kaum dalam tinjauan teori konflik Dahrendorf memiliki keterkaitan erat dengan penyebab konflik berasal dari perbedaan pemikiran maupun pendapat, perbedaan kebiasaan serta terdapatnya miskomunikasi dari kedua belah pihak. Konflik ini berdampak bagi diri sendiri maupun orang lain bahkan masyarakat dalam hal citra baik. Sedangkan bentuk penyelesaian konflik sesuai tinjauan teori konflik Dahrendorf yakni tanpa mengguanakan kekerasan dengan pendekatan kompromi yakni menemukan titik tengah sebagai solusi. Pendekatan menghindari konflik untuk tidak memperlebar konflik yang ada serta adanya negosiasi dalam pengambilan keputusan konflik yang terjadi.
Implementasi Informasi Teknologi (IT) Dalam Pengelolaan Pendaftaran Haji Pada KBIH Badrul Munir Asad Difaa Madani; Taqiyuddin Taqiyuddin; Sigit Santoso
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13303

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi informasi teknologi dalam pengelolaan pendaftaran haji pada KBIH Badrul Munir Kota Cirebon  sesuai dengan Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pembangunan E-Government dan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 5 Ayat 1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan bidang informasi teknologi khususnya digitalisasi dalam pengelolaan pendaftaran haji di KBIH Badrul Munir Kota Cirebon dan apa saja faktor penghambat dari penerapan digitalisasi ini sehingga pihak KBIH kesulitan untuk penerapannya secara optimal dan juga untuk mengetahui sistem dari penyimpanan atau pengelolaan dokumen pendaftaran haji khususnya di KBIH Badrul Munir. Hasil dari penelitian di KBIH Badrul Munir ini antara lain: 1) Mengetahui Sistem pengelolaan dokumen pendaftaran haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Badrul Munir Kota Cirebon; 2) Mengetahui Implementasi Informasi Teknologi dalam pengelolaan pendaftaran haji; 3) Untuk mengetahui faktor penghambat pada penggunaan teknologi dalam pengelolaan dokumen pendaftaran haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Badrul Munir Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari masyarakat dan perilaku yang dapat diamati.Kata kunci: Implementasi, Informasi Teknologi, Pengelolaan, KBIH
Pengaruh Strategi Direct Marketing Terhadap Minat Masyarakat Memilih TK Ampera Kota Cirebon sebagai Lembaga Pendidikan Anak Dea Delviana; Subur Subur; Imroatul Fatihah
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13319

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman masyarakat mengenai jenis pendidikan dan pentingnya kualifikasi akademik seorang guru dalam sebuah lembaga pendidikan, hal tersebut juga didukung dengan perbedaan biaya yang membuat masyarakat lebih memilih pendidikan dengan alasan “yang lebih murah”. Ironisnya masyarakat yang memilih pendidikan tersebut adalah masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang lebih. Akan tetapi hadirnya TK Ampera Kota Cirebon mematahkan paradigma tersebut, bahwa dengan sistem pendidikan yang lebih terstruktur yang didukung oleh kemampuan tenapa pendidik yang mumpuni akan lebih menjamin meningkatknya kualitas pendidikan. Dalam hal ini TK Ampera Kota Cirebon memiliki cara tersendiri yaitu dengan strategi direct marketing atau pemasaran langusng. Karena yang diteliti dalam penelitian ini variabel pengaruh, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan asosiatif. Data utama yang digunakan adalah data primer yaitu hasil kuesioner dari 30 orang wali murid sebagai responden. Adapun untuk menganalisis data menggunakan bantuan pengolah data SPSS versi 26.00. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat diketahui bahwasanya pengaruh yang diberikan oleh strategi pemasaran yang dilakukan yaitu sebesar 34,1%. Hal tersebut terlihat dari hasil korelasi sebesar 0,584 yang berada pada rentang cukup rendah dan memiliki hubungan positif antara kedua variabel, dalam artian semakin baik pemasaran yang dilakukan, semakin tinggi minat masyarakat.
Implementasi Pengelolaan Kurikulum Pembelajaran Mandiri di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon Elda Suci Putri Aida; Ahmad Fauzi; Wahyono Wahyono
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13286

Abstract

Kurikulum merupakan jantungnya lembaga pendidikan, karena kurikulum dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Fakta nyata dalam pelaksanaan kurikulum tentu akan ada sebuah perubahan dalam sistem kurikulumnya. Kurikulum pendidikan di Indonesia sudah berganti sebanyak kurang lebih sepuluh kali. Untuk sekarang ini kurikulum baru yang sedang diterapkan oleh sekolah yaitu kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dan metode yang digunakan dalam pengambilan data dengan melakukan pengamatan mendalam, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menujukkan bahwa 1) Dalam perencanaan kurikulum belum dilakukan dengan baik karena kurikulum yang dirancang belum matang dan belum disesuaikan dengan kebutuhan, 2) sekolah masih belum memahami makna penerapan kurikulum merdeka belajar karena banyaknya materi atau istilah yang berbeda dari kurikulum sebelumnya, 3) evaluasi kurikulum yang sudah dilakukan baru berlangsung satu kali, maka dari itu perlu adanya kegiatan evaluasi secara berkelanjutan meskipun hasilnya masih menunjukkan cukup baik dan butuh pengembangan secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon masih berada pada tahap pengembangan dan penyempurnaan dalam menerapkan manajemen kurikulum merdeka belajar.Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar
Manajemen Pembelajaran Berbasis Smart Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Edi Gunarto; Huriyah Huriyah; Didin Nurul Rosidin
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13295

Abstract

Smart Classroom-based learning with various existing models is an innovation that can be carried out by educational institutions to improve the quality of the learning process. For this reason, it is necessary to study the management of learning based on the SMA Smart Classroom so that the learning process is aligned with the learning objectives The purpose of research are to find out how Smart Classroom-based learning management and how Smart Classroom learning management is analyzed at the high school level. The writing of this article was carried out using a qualitative method by collecting data from various sources of literature which the writer obtained from books and journals. One of the findings of this reasearch is that teachers who play a role in Smart Classroom-based learning must have good classroom management skills and pedagogical skills. For this reason, institutions that implement Smart Classroom learning need to prepare various trainings for teachers both in terms of management, technical skills, and pedagogy so as to obtain optimal results in utilizing the Smart Classroom environment.
Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Nurmala Amalia; Taqiyuddin Taqiyuddin; Nur Salim Nur Salim
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 7, No 1 (2023): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v7i1.13921

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari permasalahan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Cirebon yakni siswa siswi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka kurang serius, sehinga dalam pelaksanaan kegiatan hanya beberapa saja yang hadir. Hal tersebut juga membuat keraguan dari pihak sekolah untuk menyewa pelatih. Kemudian terdapat anggota pramuka yang melanggar peraturan tata tertib kegiatan ekstrakurikuler dan sekolah. Berdasarkan uraian tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Cirebon, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Cirebon, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Cirebon dan solusi permasalahan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MTsN 2 Cirebon. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka diawali dengan menyusun visi misi, tujuan, sasaran kegiatan, membuat program kegiatan yang akan dilaksanakan dan perekrutan anggota baru, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka memuat struktur organisasi, kegiatan yang dilaksananakan dan jadwal pelaksanaan, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka berupa penilaian terhadap anggota pramuka yang berupa tes tindakan, pelaporan hasil akhir dan rapat terkait hambatan dalam pelaksanaan. Dan solusi permasalahan kegiatan ekstrakurikuler pramuka berupa pertama, pergantian waktu tiap minggu. Kedua, diberikan sanksi untuk yang terlambat dan melanggar tata tertib.Kata kunci : Manajemen kegiatan ekstrakurikuler, pramuka, karakter siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10