cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIEM (Journal of Islamic Education Management)
ISSN : -     EISSN : 25490877     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap bulan Juni dan Desember dan mulai terbit tahun 2016, membahas tentang permasalahan manajemen pendidikan Islamt sebagai upaya menghasilkan leadership dan managerial yang profesional yang menjadi tujuan utama studi manajemen pendidikan Islam (MPI).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam" : 10 Documents clear
Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan Firdausiana, Elok; Ripai, Ahmad
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para bawahannya yang ada di MTs An-nidhomiyah Japura Kidul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada para bawahannya sehingga menyebabkan terjadinya penurunan semangat dan motivasi kerja para bawahannya yang ada di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan kualitatif deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kepala sekolah yang kurang tegas dalam memberikan tugas kepada bawahannya menjadikan para bawahannya memiliki semangat kerja yang menurun. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Peranan kepala sekolah dalam menerapkan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan, baik komunikasi dalam bentuk verbal maupun non verbal, 2) Penghargaan dan hukuman yang dapat membentuk motivasi kerja bawahannya menjadi meningkat, 3) Motivasi dan pengawasan yang diberikan kepala sekolah kepada bawahannya dapat menjadikan produktifitas hasil kerja yang lebih baik. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan, Motivasi KerjaThis study aims to determine the application of the headmaster’s interpersonal communication with employees at MTs An-nidhomiyah Japura Kidul, Astanajapura District, Cirebon Regency. This research is based on the inadequate interpersonal communication process of headmaster to the employees so this causes a decrease in spirit and works motivation of school employees. The research method used was qualitative, through in-depth interview, observation, and documentation. The technique of data analysis using descriptive qualitative include data reductions, data presentation, and conclusion drawing. The spirit and motivation of employees according to the lack of assertiveness from the headmasters. The results of this study are 1) The role of the headmaster in implementing interpersonal communication can intensify the work motivation of employees, both verbal and non-verbal communication, 2) Rewards and punishments that can intensify employee motivation, 3) Motivation and supervision given by the headmaster to employees can make work productivity. Keywords: Interpersonal Communication, Leadership, Work Motivation   
Peningkatan Kemampuan Dosen Bidang Penelitian Aris, Aris; Mahdi, Mahdi; Rosviana, Mohammad Irfan
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18140

Abstract

Kebijakan pembinaan peningkatan kinerja dosen di Fakultas Tarbiyah yaitu : a) memberikan kesempatan belajar untuk dosen kejenjang S2 dan S3; b) seminar/workshop/lokakarya tentang Peningkatan kemampuan akademik, peningkatan kemampuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan minat membaca dan menulis, Peningkatan kemampuan etos kerja dan tatakrama kampus; c) Pelatihan/kursus tentang peningkatan mutu kinerja dosen dan d)  pelibatan dosen dalam penetapan standar mutu lembaga dan program peningkatan kinerja. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat dosen untuk melakukan penelitian adalah karena kurangnya informasi dan pemahaman tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan teknis penelitian dan c) kegiatan pengabdian kepada masyarakat masih belum maksimal dilakukan, hal ini dapat dilihat dari temuan bahwa beberapa dosen saja yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dosen, yakni :  a. Faktor penunjang ; yaitu meliputi : 1) adanya dukungan dari pihak pimpinan baik lembaga maupun pimpinan Fakultas serta kekompakan dan kebersamaan antara dosen ; 2) adanya kebijakan dan tujuan lembaga untuk mengembangkan kualitas dosen ; 3) besarnya minat dosen untuk mengembangkan dan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan dosen. b. Faktor penghambat meliputi : 1) terbatasnya anggaran dukungan dana yang dapat diberikan oleh lembaga IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan lanjutan bagi dosen ; 2) lembaga belum mampu menyediakan dan memberikan bantuan peralatan teknis secara maksimal seperti laboratorium dan lain-lainnya ; 3) berkembangnya perguruan tinggi yang sejenis diberbagai tempat, dan 4) kurangnya koordinasi dengan institusi terkait, sehingga tidak terjadi komunikasi dan kerjasama yang baik.Kata Kunci: Kinerja Dosen, Bidang Penelitian, FITK
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Tata Usaha Terhadap Peningkatan Profesionalitas Kinerja Staf Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pujiati, Pujiati; Taqiyuddin, Taqiyuddin; Mukhlisoh, Mukhlisoh
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18191

Abstract

The chief school administration has function to handle all of school administration internal or external directly accordance with the jobs description as operative work service in reaching the goals of organization itself includes the staff.  The problem that the researcher obtained was a leadership difference of the chief school administration in handling the staff works. In detail, staffs of school administrator MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon were less in understanding professional work aspects, lack of human resources who have ability and capacity parallel with their professional background, and the chief of school administrator did not provide reward and punishment in their professional work. Based on the explanation above, the goals of this research are: to recognize the duty, function and job description of staff school administration MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon, to comprehend what factors that develops the professional work of staff MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon, and to gain the effects of giving reinforcement and motivation from the chief of school administration to the staff MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon. It stated by E. Mulyasa (2011: 97) that a good leader should be manager, administrator, supervisor, innovator and motivator in order to become competitive. The researcher employed quantitative descriptive method. The data collection was taken from four correspondents by conducting observation, documentation and interview. Those data collections were relevant and suitable with research background and the total correspondents that the researcher used only 4. The research findings based on observation and interview data at MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon showed that the leadership of the chief school administration towards staff professional work at MTs Salafiyah Bode Plumbon Cirebon there was influence stated by 4 correspondents in amount 19,600 and 10,000 which meant Count Hypothesis (Hc) was accepted and Hypothesis was rejected.  Therefore, it could be concluded that this research which is entitled The influence of the chief school administration leadership in enhancing staff professional works at Mts Salafiyah Bode Plumbon had been proved the hypothesis to be valid.Keywords: A Leadership, The chief of school administration and professional work 
Metode Perencanaan Pendidikan Islam yang Efektif dalam Menghadapi Tantangan Era Digital rismawati, riris; Safwandi, Mulyawan
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.16740

Abstract

Era digital membawa dampak perubahan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Perubahan yang terjadi tidak hanya memberikan peluang tetapi juga tantangan. Dengan peluang dan tantangan yang ada diperlukan sebuat metode perencanaan pendidikan yang mampu menghasilkan bentuk perencanaan pendidikan Islam yang efefktif di era digital ini. Penelitian ini bermaksud menemukan metode perencanaan pendidikan Islam yang terbaik agar tujuan pendidikan Islam tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metoda analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dari berbagai buku dan artikel ilmiah. Metode partisipatif dinilai lebih demokratis, realistis, dan efektif, karena semua pihak berhak memberikan saran dan masukan, sehingga perencanaan yang dilakukan lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan dan didukung oleh semua pihak. Metode partisipatif ini melahirkan sebuah kebijakan yang melibatkan semua pihak. Kebijakan publik yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pendidikan Islam merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pendidikan Islam dapat menghadapi tantangan era digital dan mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pengaruh Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pegawai di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Rosantia, Rosantia; Durtam, Durtam; Santoso, Sigit
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18194

Abstract

The results of observations made by researchers at the State Vocational High School 1 Gantar Indramayu, found several problems, the lack of professionalism of some employees in carrying out there main duties and functions and the less than optimal supervisory role of the school principal. Some of these problems can hinder the learning and teaching process at school. This study aims to determine the effect of principal supervision on employee performance at the State Vocational High School 1 Gantar Indramayu, this study uses a descriptive quantitative approach. This study used the Slovin formula proportionate simple random sampling technique where the sample of this study amounted to 50 employees out of 102 total employees. The main data collection technique is using a questionnaire distributed to 50 employees. Observation techniques and documentation studies were carried out to support the results of this study. Based on data analysis using SPSS version 22, the t statistical test found t count 3.365> 1.677 t table or Sig. 0.002 <0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. This means that the principal's supervision has a effect on employee performance at the State Vocational High School 1 Gantar Indramayu. In the calculation of the coefficient of determination, it is known that the effect of principal supervision on employee performance at the State Vocational High School 1 Gantar Indramayu is 19.1% while the remaining 81% is influenced by other variables not examined in this study. From the results of these calculations, there is a influence between the principal's supervision on employee performance at the State Vocational High School 1 Gantar Indramayu.
Manajemen Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Kinerja Tata Usaha pada Era 4.0 Alfiyani, Nurul; suhatam, Suhatma; Mubarok, Amin
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18141

Abstract

Management of education personnel aims to utilize education personnel effectively and efficiently to achieve optimal results. The purpose of this research is to find out how to improve the performance of the administrative sector in the 4.0 era. The method used is a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation.The data analysis process is carried out with the stages of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on this research the management of education personnel in improving the performance of the administrative field in the 4.0 era. Planning by analyzing employee needs in improving performance such as conducting employee training and development. Implementation in improving administrative perfomanace with development training and providing compensation. Evaluation in improving administrative performance in Nashuhiyyah junior high school is carried out once a month to find out how far the progress of employees in carrying out their duties and responsibilities.Keywords: Management of education personnel, administrative performance, in the era of 4.0AbstrakManajemen tenaga kependidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efesien untuk mencapai hasil yang optimal. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kinerja tata usaha di era 4.0. Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan, wawancara, obsevasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Proses analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini manajemen tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja tata usaha di era 4.0 yaitu Perencanaan  dengan menganalisis kebutuhan pegawai dalam meningkatkan kinerja seperti mengadakan pelatihan dan pengembangan pegawai. Pelaksanaan dalam meningkatkan kinerja tata usaha dengan pelatihan, pengembangan dan pemberian kompensasi. Evaluasi dalam peningkatan kinerja tata usaha  di MTs Nashuhiyyyah dilakukan satu bulan sekali untuk mengetahui sudah sejauh mana perkembangan pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab nyaKata kunci : Manajemen Tenaga kependidikan, kinerja tata usaha, era 4.0
Perencanaan Kompensasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Pendidik Di Lembaga Pendidikan Keagamaan Islam Farid, Miftah; Safwandy Nugraha, Mulyawan
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.16500

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan non formal dalam konteks pendidikan keagamaan Islam. Dalam konteks manajemen, peran ustadz dan ustadzah di Taman Pendidikan Al-Qur'an diakui sebagai sumber daya manusia yang sangat berperan. Hal ini membuat pengelolaan ustadz dan ustadzah merupakan suatu hal yang penting, termasuk pengelolaan terhadap perencanaan kompensasi yang diterima dalm upaya meningkatkan motivasi kerja. Adapun tempat penelitian dilakukan di TPQ Darul Muzakkirin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles & Hubermas yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan kompensasi finansial langsung bagi ustadz dan ustadzah yang berupa gaji masih sangat bergantung kepada Bantuan Kesejahteraan Guru (BKG) yang diberikan oleh pemerintah. Disamping itu, perencanaan kompensasis finansial tidak langsung juga belum dilakukan sepenuhnya kepada ustadz dan ustadzah TPQ. Adapun perencanaan kompensasi non finansial nampaknya cukup berhasil dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, bersahabat, dan kondusif. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan kompensasi di TPQ Darul Muzakkirin dapat meningkatkan motivasi kerja ustadz dan ustadzah, meskipun belum dilakukan seacra optimal dan perencanaan kompensasi tidak secara langsung dilakukan oleh lembaga.
Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah Nurhasanah, Nurul; Hasan, Ali; Salim, Nur
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18139

Abstract

National Library Standard is a measure of the provisions set as a reference in organizing the library. Therefore, school libraries must follow the provisions in accordance with the National Standards of Libraries. This research aims to find out how to apply the national standard of school libraries in Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Astanajapura Cirebon Regency. The method used in this study is qualitative descriptive. Data collection techniques through, observation, interview and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of the research shows that the library MTs NU Astanajapura has not implemented the National Standard library because the activities of re-count and weeding conducted is 4 years, and also for the collection that is still not in accordance with the applicable curriculum so that there are still books left behind, only have one library and not a background in library science, still the lack of library space , areas and facilities contained in the library MTs NU Astanajapura.Keywords: Application, Library, National Library StandardsStandar Nasional Perpustakaan merupakan ukuran ketentuan yang ditetapkan sebagai acuan dalam menyelenggarakan perpustakaan. Maka dari itu, perpustakaan sekolah harus mengikuti ketentuan sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan standar nasional perpustakaan sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Astanajapura Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan MTs NU Astanajapura belum menerapkan Standar Nasional perpustakaan karena kegiatan cacah ulang dan penyiangan yang dilakukan adalah 4 tahun sekali, dan juga untuk koleksinya yang masih belum sesuai dengan kurikulum yang berlaku sehingga masih ada buku yan tertinggal, hanya memiliki satu tenaga perpustakaan dan bukan berlatar belakang ilmu perpustakaan, masih minimnya luas ruangan perpustakaan, area dan sarana yang terdapat pada perpustakaan MTs NU Astanajapura.Kata kunci: Penerapan, Perpustakaan, Standar Nasional Perpustakaan
Manajemen Desain Lingkungan pada Program Kegiatan PAUD Ramah Anak Ulfadhilah, Khairunnisa
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.16908

Abstract

Lembaga PAUD perlu menerapkan manajemen sehingga akan lebih memudahkan dalam menerapkan pendidikan. Manajemen desain lingkungan dalam program kegiatan di PAUD ramah anak sangat penting diterapkan untuk menjadikan referensi semestinya, dan mampu menerapkan lingkungan sekolah yang ramah anak. Selain itu, TK Satap Munjul mampu memberikan suasana menyenangkan bagi anak didik saat dilingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan TK Satap Munjul bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis praktik manajemen desain lingkungan yang efektif dalam mendukung program kegiatan disekolah ramah anak. Metode riset ini metode deskriptif analitis kualitatif. Data dapatkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil riset manajemen desain lingkungan yang efektif melibatkan perencanaan yang matang dalam pengaturan ruang belajar, penggunaan material yang aman dan ramah anak, pengelolaan kebersihan dan keamanan lingkungan, serta penerapan desain yang memperhatikan aspek estetika dan fungsionalitas. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya peran manajemen desain lingkungan dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal ramah anak.
Orientasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Quran Salas, M Kamil; Hamidah, Tutik
JIEM (Journal of Islamic Education Management) Vol 8, No 1 (2024): Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24235/jiem.v8i1.15752

Abstract

Kurikulum mempunyai posisi sentral dalam mewujudkan tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan karena kurikulum salah satu perangkat penting dalam pendidikan . Umat Islam percaya bahwa nilai-nilai, sikap dan norma sangat dipengaruhi oleh pendidikan Islam. O rientasi kurikulum pendidikan Islam sebagai kebutuhan umat guna menerapkan idealisme Islam dalam dinamika perubahan zaman. Kurikulum pendidikan Islam harus mengacu pada Al-Qur'an dan hadis sebagai dasarnya. Al-Qur'an berisikan ayat-ayat yang memuat tentang kurikulum, yaitu mengenai tentang bahan, isi yang diberikan untuk peserta didik di lembaga pendidikan, seperti bahan atau materi pendidikan tauhid, ibadah, akhlak, kesehatan, sosial, keterampilan, dan estetika. Dengan demikian, materi tersebut akan mewujudkan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia dan berilmu serta terwujudnya peradaban manusia muslim yang berkualitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 10