cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019)" : 5 Documents clear
PERBEDAAN GENDER DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS DAN LITERASI KIMIA eka - adhiya; A. Rachman Ibrahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v6i2.9573

Abstract

This study aims to investigate the effect of the differences between genders on analytical thingking skills and Chemical literacy. A sampel of 212 (88 males and 124 females) senior high school in Yogyakarta, Indonesia completed the survey. The instruments used are 20 open-ended multiple choice integrated assessment instruments. This study used Independent T-Test to compared the males and females mean. The result showed that no signicant (sig>0.05) gender differences were found in analytical thinking skills and Chemical literacy. Male and female have analytical thinking skills and Chemical literacy equally.
Profil ketrampilan berpikir kreatif pada perkuliahan praktikum Biokimia di jenjangS1 Prodi Pendidikan Kimia menuju era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) Studi kasus di beberapa LPTK Diah Kartika Sari
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v6i2.9871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil ketrampilan berpikir kreatif pada perkuliahan praktikum Biokimia di program studi pendidikan pada beberapa LPTK. Ketrampilan berpikir kreatif dinilai sebagai salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa program studi pendidikan kimia pada  era masyarakat ekonomi ASEAN. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek program studi pendidikan kimia pada tiga LPTK. Kajian bersumber pada perangkat pembelajaran dalam perkuliahan praktikum Biokimia berupa silabus, satuan acara perkuliahan dan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan berpikir kreatif yang belum terakomodasi pada program perkuliahan praktikum biokimia. Hal ini terlihat baik dari tujuan perkuliahan, kompetensi perkuliahan, indikator perkuliahan dan juga asesmen perkuliahan.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA rodi edi
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v6i2.9962

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe  Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas X yang  terdiri dari kelas  X-1sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000, sehingga dapat disimpulkan sig 2-tailed < 0,05. Hasil tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar kimia materi stoikiometri.Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan hasil belajar. Abstract: This research aims to knowing the influence of cooperative learning type Student Teams Achievement Divisions (STAD) in learning outcomes ten grade students of senior high school 3 Tanjung Raja on the stoichiometry material. This research was a quasi-experimental research with the research design was Nonequivalent Control Group Design. And research sample is X class student which is consist of X-1 as experiment class and X-2 as control class.The test of hypotheses using independent sample t-test. Out based on the results of hypothesis testing obtained a significance value of 0.000, So it can be concluded sig 2-tailed< 0.05. These results state that Ho is rejected and Ha is accepted. So that there is a significant effect on the application of cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions type toward chemical learning outcomes stoichiometry material. Keywords: cooperative learning model of STAD type, and learning outcomes. 
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pre Lecture Quiz Ratu Betta Rudibyani
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v6i2.10168

Abstract

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pre Lecture Quiz   Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan  peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui  penerapan pre lecture quiz.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen serta kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.    Analisis data ketrampilan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menghitung nilai pretes dan postes.  Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dengan menghitung n-Gain. Hasil perhitungan, diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria “tinggi”, sedangkan pada kelas kontrol memiliki kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga dapat ditingkatkan melalui penerapan pre lecture quiz.  
IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN BALI MANDARA Tjokorda Gde Putra Wirama
Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Study Program Sriwijaya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jppk.v6i2.9367

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) dan hasil belajar kognitif kimia siswa di SMAN Bali Mandara. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah urusan kurikulum, guru kimia, guru BK, pembimbing akademik (PA), dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Siswa baru SMAN Bali Mandara kurang memahami program SKS karena tidak adanya sosialisasi khusus. (2) SMAN Bali Mandara belum sepenuhnya memfasilitasi minat siswa, terbukti dengan tidak adanya kelas peminatan bahasa. (3) Proses pembelajaran di SMAN Bali Mandara belum efektif karena kurangnya ketersediaan ruang kelas. (4) Peran PA di SMAN Bali Mandara merangkap menjadi orang tua asuh (mata pita) karena sekolah asrama (5) Guru tetap mengajar walaupun rombongan belajar kurang dari standar minimum dan jam mengajar tidak diakui oleh pemerintah karena guru memiliki dedikasi tinggi dalam memfasilitasi kemampuan belajar siswa. (6) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran kimia pada semester I dan II belum seluruhnya memenuhi KKM. (7) Siswa yang memiliki nilai akhir pelajaran tidak memenuhi KKM diwajibkan mengikuti semester pendek untuk meremidiasi pencapaian kompetensi-kompetensi dasar yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, implementasi SKS di SMAN Bali Mandara belum berlangsung secara optimal dan hasil belajar kimia siswa belum seluruhnya mencapai KKM

Page 1 of 1 | Total Record : 5