Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2"
:
16 Documents
clear
ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS IV SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI SDN 01 SIDOSARI KABUPATEN PEKALONGAN
Sari, Eka Mustika
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.9601
Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses belajar mengajar dan dampak pembelajaran jarak jauh kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 bagi guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik pada SDN 01 Sidosari. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar mengajar jarak jauh bagi peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan untuk mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh untuk guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik kelas IV sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini guru, orang tua peserta didik dan peserta didik SDN 01 Sidosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di SDN 01 Sidosari terlaksana dengan baik, dengan sekolahan menerapkan pembelajaran dengan blended learning, sebagai alternatif bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh menggunakan media elektronik. Sehingga peserta didik kelas IV seluruh nya mendapatkan materi dengan sama dan tidak ada yang tertinggal karena tidak memiliki media elektronik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah dan guru dapat mempermudah peserta didik untuk pembelajaran jarak jauh sehingga anak dapat belajar dengan nyaman seperti di sekolah.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TENTANG CAHAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 3 SDN 008 BATANG TUMU KECAMATAN MANDAH
MARYAM, MARYAM
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.8938
Abstrak. Penelitian ini yaitu Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Sifat-Sifat Cahaya Kelas 3 di SDN 008 Batang Tumu Kecamatan Mandah . Hasil belajar siswa yang rendah menunjukkan bahwa siswa mengalami masalah dalam memahami konsep/materi. Ketidakmampuan siswa memahami materi membuat siswa mengalami kesulitan untuk menjawab soal tes. Rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep juga terjadi di Kelas 3 di SDN 008 Batang Tumu Kecamatan Mandah . Terutama,  Alasan inilah yang mendorong guru untuk melakukan penelitian tindakan Kelas. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa adalah penerapan metode demonstrasi. Oleh karenanya, penelitian ini diarahkan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep  yakni pada materi sifat-sifat cahaya dengan menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas 3  SDN 008 Batang Tumu Kecamatan Mandah  Tahun 2020/2021 yang berjumlah 18 orang. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai rata-rata Kelas meningkat dari 53,06 (pratindakan) menjadi 64,17 (siklus I ) dan 72,22 (siklus II). Selain peningkatan nilai rata-rata Kelas, ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 44,44% (pra siklus) menjadi 66,67% (akhir siklus I) dan 94,44 (akhir siklus II).Kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi, pemahaman konsep.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONDISKER PADA SDN 1 BALEPANJANG JATIPURNO WONOGIRI SEMESTER GENAP 2017/2018
Sonah, Sonah
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.10275
Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini untuk meningkatkan kemampuan guru membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran melalui pendekatan condisker (contoh, diskusi, kerja). Tujuan penelitian tindakan sekolah ini untuk mendeskripsikan: 1) peningkatan kemampuan guru membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran pada guru kelas dan guru mata pelajaran. 2) cara pendekatan condisker dalam meningkatkan kemampuan membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran pada guru kelas dan guru mata pelajaran. Pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN 1 Balepanjang, Jatipurno, Wonogiri Semester Genap Tahun 2017/2018 dengan cara supervisi akademis dengan tindak lanjut pembinaan secara kelompok maupun secara individu dengan subjek guru kelas dan guru mata pelajaran dan obyek pembuatan dan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dengan alat pengumpul data Instrumen Penilaian Kemampuan Guru. Hasil pelaksanaan tindakan sekolah ini sebagai berikut: 1. Pengajuan hipotesis tindakan yang berbunyi, “Kemampuan guru membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan condisker pada guru kelas dan guru mata pelajaran†dapat teruji kebenarannya dengan bukti: a. 75 % guru mencapai standar “Baik†serta 25% guru dibawah standar yang ditetapkan, yaitu baru mencapai standar “Cukupâ€; b. Capaian yang telah memenuhi syarat sebagai pendukung peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran melalui condisker adalah: 1) Guru masuk kelas membawa alat peraga; 2) Guru membuat alat peraga sendiri dengan modifikasi; 3) Guru dalam pembelajaran menggunakan alat peraga dengan penjelasan dan dipraktekkan dengan siswa; 4) Guru dan siswa saling menggunakan alat peraga secara bergantian dengan porsi siswa lebih dominan; 5) Guru membuat soal/tes dengan mengaitkan alat peraga dengan mencantumkan tiga soal yang berhubungan dengan alat peraga tersebut; 6) Guru mengadakan analisis hasil evaluasi yang berhubungan dengan penggunaan alat peraga yang dihubungkan dengan tindak lanjut. 2. Pengajuan hipotesis tindakan sekolah yang berbunyi, “Cara pendekatan condisker dapat meningkatkan kemampuan guru membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran pada guru kelas dan guru mata pelajaran†dapat terbukti kebenarannya dengan bukti: a. Contoh dari kepala sekolah dilakukan dengan memberikan fotocopi cara pembuatan alat peraga; b. Diskusi dilakukan antara sesama guru, Kepala sekolah  dengan guru tentang cara menyusun petunjuk penggunaan alat peraga; c. Kerja dilakukan langsung oleh guru dengan membuat alat peraga seperti contoh dan berkreasi sendiri.
EFEKTIFITAS METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 01 PURWOHARJO
yudha, nadin prima
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.9175
Pembelajaran Matematika di SD Negeri 01 Purwoharjo masih kurang efektif. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru, dimana pada saat menyampaikan materi pelajaran guru cenderung menggunakan satu strategi pembelajaran saja, seperti ceramah, mencatat, serta penugasan. Akibatnya siswa cenderung pasif, kurang antusias serta kurang berminat terhadap materi yang dipelajarinya. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika adalah dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu 40 siswa kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitan diperoleh rata-rata pretest yaitu sebesar 67,00 sedangkan hasil rata-rata posttest sebesar 77,25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data melalui perhitungan uji t diperoleh nilai 23,794 dan = 2,704. Karena , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan metode discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Volume Kubus dan Balok pada siswa kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 2 MAYONGLOR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
utama, yoga;
Huda, Choirul;
Susanto, Joko
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.8729
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Mayonglor pada hasil observasi ketuntasan belajar peserta didik kelas 5 SDN 2 Mayonglor saat penilaian akhir semester I pada muatan pembelajaran IPA terdapat 11 peserta didik atau 52,3% dari 21 peserta didik kelas 5 yang nilainya masih dibawah nilai KKM 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 2 Mayonglor Tahun Pelajaran 2020/2021. Artikel ini memaparkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 2 Mayonglor pada semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik Kelas V SD Negeri 2 Mayonglor yang berjumlah 21 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik laki – laki dan 7 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar tes evaluasi dalam bentuk soal pilihan ganda, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor, serta dokumentasi. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Tema 8 di SD Negeri 2 Mayonglor Tahun Pelajaran 2020/2021.
ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS PADA BUKU AJAR TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA TERBITAN KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS V SD
Wati, Risa Widia
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.10308
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi pembelajaran IPS pada buku tema enam terbitan Kemendikbud revisi 2017 kelas V SD, serta mengidentifikasi pengelompokkan pembelajaran IPS berdasarkan ruang lingkup Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Â Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi yang telah divalidasi oleh ahli. Data yang digunakan adalah hasil analisis buku tema enam terbitan Kemendikbud Revisi 2017 kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian keluasan materi mendapat kategori sesuai dengan persentase terendah yakni 66,66%, kesesuaian kedalaman materi 88,88% kategori sangat sesuai, kesesuaian materi dengan pendekatan saintifik 89,99% kategori sangat sesuai, kesesuaian materi dengan KD 94,44% kategori sangat sesuai, kesesuaian materi dengan ilustrasi 100% kategori sangat sesuai, serta pada tema enam tergolong ruang lingkup geografi pada subtema ke-1 dan sosiologi pada subtema ke-2 dan ke-3. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi indikator pencapaian yang diperoleh maka buku tersebut akan semakin baik dan sesuai.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type-GI (Group Investigasi) pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema 8 “Praja Muda Karanaâ€untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Sinomwidodo 01 Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati
Ermawati, Dwi -
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.9194
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type – GI (Group Investigation). Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model Pembelajaran Kooperatif Type – GI (Group Investigation) dalam pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan siswa menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran, model pembelajaran Group Investigation (GI) ini juga menjadikan siswamampu berfikir kritis.Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation (GI)
EFEKTIVITAS MIND MAPPING BERBASIS TPACK PEMBELAJARAN IPA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SD PALEBON 02 SEMARANG
Murti, Saka
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.9413
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan siswa.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping berbasis TPACK 2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Mind Mapping berbasis TPACK terhadap mata pelajaran IPA Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku SDN Palebon 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sejumlah 28 siswa SDN Palebon 02 Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IV SDN Palebon 02 Semarang tahun ajaran 2021/ 2022. Hasil analisis data normalitas tahap awal pretest diperoleh L0 = 0,094Ltabel= 0,161 maka H0 diterima dan data berasal dari distribusi normal. Begitu pula dengan hasil analisis data normalitas tahap akhir posttest diperoleh L0 = 0,082Ltabel= 0,161. Serta diperoleh N-Gain sebesar 0,48 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang sedang. Kesimpulannya bahwa dengan menggunakan strategi Mind Mapping berbasis TPACK terdapat peningkatan hasil belajar IPA Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku SDN Palebon 02 Semarang.
PENGEMBANGAN APLIKASI MEMBACA BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Wibisono, Guruh Setyo
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.9574
Pengembangan Aplikasi Membaca Berbasis Android Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kharakteristik, kevalidan dan kepraktisan media aplikasi membaca berbasis android pada tema 2 Kegemaranku bagi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RD). Pengembangan media terdapat beberapa tahapan yaitu (1) Studi pendahuluan, (2) Pengembangan model, (3) perencanaan, (4) pengembangan produk, (5) Uji Validasi, (6) Revisi Desain, (7) Ujicoba lapangan, (8) Revisi, (9) Desiminasi. Penelitian dilaksanakan di SD N Karang Tempel, dan SD N Sambiroto 02 (kelas 1a dan 1b), dari langka penelitian tersebut dihasilkan sebuah produk media aplikasi membaca berbasis android. Media aplikasi membaca berbasis android yang telah dikembangkan oleh peneliti menunjukan hasil rata-rata dengan skor presentase yaitu hasil rata-rata uji kevalidan diperoleh dari penilaian ahli media sebesar 97,5% (sangat baik) dan penilaian ahli materi sebesar 97,4% (sangat baik), sedangkan hasil uji coba lapangan diperoleh dari hasil tanggapan guru sebesar 89% (sangat baik) dan respon siswa sebesar 92,9% (sangat baik).
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMA 9 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FILP CLASSROOM BERBANTU APLIKASI CLASSROOM PADA KELAS 5 SDN 3 KEBONGEMBONG
prakoso, rendi tri
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2
Publisher : Universitas PGRI Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i2.8860
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Tema 9 Dengan Menggunakan Model Filpped Classroom Berbantu Aplikasi Google Classroom Pada Kelas 5 Sdn 3 Kebongembong Tahun Ajaran 2020/2021 PTK PPG SD PraJabatan Tahun 202 Dosen pengampu Drs. Sumarno, M.Pd. dan Alimuddin Aziz, M.Pd. Guru pamong tahun 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 3 Kebongembong yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sedangkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Menggunakan Model Filpped Classroom Berbantu Aplikasi Google Classroom, Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa dan hasil observasi sebagai berikut : Table 1.1 Yang diamati Siklus 1 Siklus 2 Siklus 3 Hasil Belajar 38,46% 76,92% 92,31% Motivasi Belajar 45,83 % 71,33% 91,33% Berdasarkan table 1.1 menunjukan Peningkatan hasil belajar dan motivasi setiap siklusnya dari 92% dan hasil observasi sebesar 83%, bias dikatakan Menggunakan Model Filpped Classroom Berbantu Aplikasi Google Classroom dikatakan signifikan meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa . Kata Kunci: Hasil Belajar, Motivasi, Model Filpped Classroom, Tema , dan Google Classroom