cover
Contact Name
Bony Irawan
Contact Email
bony@umrah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bony@umrah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Pedagogi Hayati
ISSN : 25030752     EISSN : 25794132     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, evaluasi, media dan bahan ajar, kurikulum, pengembangan profesi dan kompetensi guru, etnopedagogi dan etnosains biologi, serta literasi terkait.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati" : 7 Documents clear
Pembelajaran Biologi Berpendekatan Saintifik Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Nurul Asikin; Mimien Henie Irawati; Istamar Syamsuri
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.32

Abstract

Abstrak: Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam prosespembelajaran pada semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berpendekatan saintifik menggunakan model Sains Tekonoogi Masyarakat (STM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I materi pencemaran lingkungan, sedangkan siklus II materi limbah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil belajar sikap peduli lingkungan berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 73,4 dan siklus II sebesar 84,6, hasil belajar kognitif berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 67,7 dan siklus II sebesar 83,3, serta hasil tes keterampilan proses sains berdasarkan nilai rata-rata tes siklus I sebesar 80,0 dan siklus II sebesar 82,2.
Desain Pembelajaran Berbasis Pedagogi Hijau Bagi Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Riau Firdaus LN; Sri Wulandari; Nursal .; Darmadi Ahmad
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.33

Abstract

Abstrak: Telah dilaksanakan penelitian pengembangan desainpembelajaran berbasispedagogi hijau bagimahasiswa calon guru biologi FKIP Universitas Riau pada bulan Maret-Desember tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain muatan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan model asesmen berbasis pedagogi hijau untuk mahasiswa calon guru biologi FKIP Universitas Riau. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan eevaluasi). Untuk mengintegrasikan aspek pedagogi hijau ke dalam sistem pembelajaran dengan menggunakan model Burn yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Content, Perspectives, Process, Context dan Design. Data hasildianalisis secara deskriptif maupun dalam bentuk perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) Muatan pembelajaran berbasis pedagogi hijau, berupa modul dengan judul “PEMBELAJARAN BERBASISI PEDAGOGI HIJAU” (2) Rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis pedagogi hijau (3) Metode pembelajaran berbasis pedagogi hijau, yaitu metode partisipatif (4) Media pembelajaran berbasis pedagogi hijau, berupa website yang diberi nama “Pedagogi Hijau” dengan alamat www.pedagogihijau.wordpress.com(5) Model asesmen pembelajaran berbasis pedagogi hijau, perangkat penilaian yang dihasilkan yaitu penilaian tertulis, penilaian diri, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian sikap dan penilaian unjuk kerja. Secara keseluruhan produk hasil pengembangan dikategorikan valid berdasarkan penilaian validator dan telah bisa di implementasikan dalam skala lapangan.
Capaian Aspek Hakikat Sains Guru Biologi SMA dan Penerapannya Dalam LKS Azza Nuzullah Putri; Sri Anggraeni; Saefuddin Saefuddin
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.34

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan hakikat sains dan penerapannya dalam LKS yang telah dikembangkan guru Biologi SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Partisipan dari penelitian ini adalah guru-guru Biologi dari SMA berbeda di Bandung yang mengikuti program pendampingan pengembangan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri yang diadakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia. Data dikumpulkan melalui tes hakikat sains, lembar angket, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil tes hakikat sains, aspek kaidah-kaidah fakta ilmiah dan postulat sains mendapatkan hasil capaian yang sama (80%). Capaian yang terendah yaitu pada aspek tatanama ilmiah (45%). LKS yang dikembangkan oleh guru telah mengandung aspek-aspek hakikat sains, meskipun belum seluruh aspek dapat teridentifikasi di dalamnya.
LKS Berbasis Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP N 3 Tanjungpinang Nevrita
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.35

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar melalui kemampuan siswa bertanya/menjawab pertanyaan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, menyelesaikan laporan LKS tepat waktu. Kedua; meningkatkan hasil belajar siswa melalui penilaian LKS dan Ulangan Harian. Karakteristik LKS berbasis kontruktivisme dalam penelitian ini adalah LKS tersebut mengembangkan kemampuan siswa berpikir kitis dan berfikir kreatif. Sebagai sampel dalam penelitian ini kelas 9D, dengan pertimbangan kelas ini merupakan kelas yang memiliki hasil belajar IPAnya rendah dan aktivitas belajarnya kurang. Data yang diukur dalam penelitian ini meliputi aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data melalui tes tertulis berupa soal UH dan pertanyaan LKS, kumpulan laporan kegiatan, dan pengamatan aktivitas siswa. Analisis data dalam penelitian ini pertama, aktivitas belajar siswa pada kemampuan bertanya/menjawab siklus I sebesar 27% siklus II sebesar 54%. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok pada siklus I sebesar 65% siklus II sebesar 89%. Kemampuan siswa menyelesaikan laporan/LKS tepat waktu pada siklus I sebesar 51% siklus II sebesar 68%.. Kedua Hasil belajar siswa melalui Nilai Ulangan Harian yang dicapai siswa pada siklus I rata-rata 63,7 siklus II rata-rata 72,8. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 siswa siklus II 30 siswa. Pada siklus I nilai terendah 25 siklus II nilai terendah 45. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis kontruktivisme dapat meningkatkan aktifitas belajar siswadan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 9.
Pengaruh Problem Based Instruction (PBI) Pada Siswa dengan Tingkat Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Batik 1 Surakarta Nur Eka Kusuma Hindrasti; Puguh Karyanto; Riezky Maya P.
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.36

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian adalah mengetahui: 1) pengaruh PBI terhadap penguasaan konsep pokok bahasan pencemaran lingkungan biologi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta , 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, dan 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) menggunakan Randomized Control Only Design. Model pembelajaran dan motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep biologi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011, dengan sampel siswa kelas X-5sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X-4sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penguasaan konsep biologi digunakan teknik tes dan lembar observasi. Pengukuran motivasi belajar biologi menggunakan angket. Pengukuran penguasaan konsep menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes obyektif yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalan dan tes uji lanjut menggunakan Bonferroni.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Model pembelajaran PBIberpengaruh nyata terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMA Batik 1 Surakarta (sig. 0,0089), 2) Motivasi belajar berpengaruh nyata terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta(sig. 0,063; 0,00; 0,002), dan 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta(sig. 0,26).
Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher OrderThinking Skills Pada Materi Kingdom Plantae Mufida Nofiana; Sajidan; Puguh
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.37

Abstract

Abstrak: Evaluasi merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tujuan pembelajaran yang salah satunya adalah penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skills). Penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi membutuhkan kemampuan seperti menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Salah satucara pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat dilakukan dengan instrumen evaluasi two-tier multiple choice question. Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik instrumen evaluasi two-tier multiple choicequestion yang dikembangkan, (2) kelayakan instrumen evaluasi two-tier multiple choice question sebagai evaluasi formatif. Penelitian pengembangan menggunakan model Research and Development (R&D) mengacu pada Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi. Sampel pengembangan meliputi 4 validator ahli, 20 siswa pada uji terbatas, dan 64 siswa pada uji lapangan. Analisis data dilakukan dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik instrumen evaluasi two-tiermultiple choice question yang dikembangkan antara lain mengacu pada indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi Anderson dan Krathwohl (2001) meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan; memiliki validitas dengan interpretasi minimal “cukup”; dan reabilitas “tinggi” (2) kelayakan produk instrumen evaluasi dijamin melalui validitas isi dengan kategori“baik”; validitas konstruk dengan kategori “baik”; validitas butir soal dengan interpretasi minimal “cukup”, tingkat kesukaran soal dengan proporsi 15% mudah: 80% sedang: 5% sulit; daya pembeda soal dengan interpretasi minimal “cukup”, dan kepraktisan penggunaan dengan kategori “baik”.
Potensi Serapan Karbon Pada 3 Lokasi Ekosistem Disekitar Daerah Lembah Harau Sumatera Barat Erda Muhartati
Pedagogi Hayati Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pedagogi Hayati
Publisher : Department of Biology Education, Faculty of Education and teacher Training, Maritime University of Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31629/ph.v1i1.38

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi serapan karbon pada 3 lokasi ekosistem yaitu di ladang, hutan sekunder dan hutan terbakar disekitar daerah Lembah Harau. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode destruktif pendugaan biomassa dengan plot sampling. Dengan pengukuran biomassa yang diambil pada vegetasi permukaan tiga lokasi yang berbeda yaitu pada tanah ladang, tanah bekas hutan terbakar, dan tanah hutan sekunder. Potensi serapan karbon yang akan diukur yaitu pada pohon hidup, nekromas, dan sampel destruktif dengan menghitung berat kering dan biomassa. Pengukuran karbon biomassa, hutan terbakar memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 7029,59 kg dan besarnya cadangan karbon total yang diserap di permukaan tanah dipengaruhi oleh vegetasi yang tumbuh di atasnya, nekromass dan jatuhan (serasah). Pengukuran biomassa pohon, hutan sekunder memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 1,431 kg m-2 dan terendah pada ladang yaitu 1861,40 kgm-2. Pada pengukuran biomassa nekromass, hutan sekunder memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 0,64 kg dan terendah pada ladang yaitu 0,017 kgm-2.

Page 1 of 1 | Total Record : 7