cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 02164132     EISSN : 25797204     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, and informatics sciences. so that it can integrate the theoretical-academic and practical-empirical aspects in these fields, to help foster professional and productive scientists and practitioners in building Indonesian society.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI" : 5 Documents clear
Antara Kerja Dan Cinta, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Raos Ery Suryanti; Husni Mobarak; Hendra Lesmana
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i1.17634

Abstract

Moivasi kerja yang dimiliki seseorang akan membawa pada kepuasan kerja dengan motivasi yang terdiri dari faktor internal dan eksternal sangat berpengaruh pada diri karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Faktor internal ada pada diri seseorang karyawan yang bekerja faktor ini sangat penting karena seseorang yang bekerja dengan rasa senang maka akan memudahkan seseorang melakukan pekerjaan dengan baik rasa yang di miliki akan membuat seseorang bertahan dalam bekerja dan memiliki tanggung jawab seseorang tidak akan benar dalam bekerja kalau sudah tidak menyukai pekerjaannya. Rasa itulah yang harus di timbulkan oleh karyawan rasa bahagia menjalankan pekerjaannya akan memotivasi dirinya. Faktor eksternal adalah faktor yang ada di lingkungan sekitar bagaiman pekerjaannya, hubungan dengan karyawanan lain serta keadaan tempat bekerja sangat berpengaruh pada karyawan. Motivasi yang terjaga akan membuat seseorang merasa puas dalam melakukan pekerjaannya kepuasaan kerja akan tercapai jika karyawan sudah melakukan pekerjaan dan tanggung jawabnya sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik yang sudah dilakukan baik utuk pekerjaannya atau dirinya sendiri rasa puas ini yang meembuat karyawan tetap bertahan pada pekerjaannya. Penelitian yang di hasilkan bahwa karyawan memiliki motivasi kerja dan memiliki kepuasan kerja dilihat dari karyawan yang tetap mempertahankan rasa yang khas untuk rumah makan raos dan memberikan kepercayaan kepada konsumen sehingga setiap hari konsumen selalu banyak berdatangan dan memiliki program yang dapat menyatukan karyawan sehingga terjalin kekeluargaan.
Strategi Pengambilan Keputusan Untuk Meminimalkan Tunggakan Tagihan Listrik Pasca Bayar PT. PLN Appin Purisky Redaputri; Irman Apriansyah
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i1.18329

Abstract

Abstrak Penggunaan listrik pascabayar saat ini masih cukup banyak dipertahankan oleh para pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) khususnya di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Karang dimana pelanggan memiliki hak untuk menggunakan listrik terlebih dahulu, dan kemudian wajib membayar atas penggunaan tersebut di bulan berikutnya dengan jatuh tempo yang telah ditentukan. Namun masih banyak pelanggan yang sering menunggak pembayaran tagihan listrik lewat jatuh tempo yang ditentukan lewat dua bulan. Akibat tunggakan yang besar, PLN mengaku kesulitan untuk memenuhi biaya operasionalnya. Maka diperlukan adanya strategi untuk dapat mengurangi tingginya tunggakan listrik pascabayar tertulis. Maksud dari penyelidikan ini ialah untuk mengenali elemen kunci dari faktor penyebab tingginya tunggakan tagihan listrik pascabayar serta menentukan dan memberikan rekomendasi strategi yang perlu dilakukan untuk mengatasi elemen kunci dari faktor penyebab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan melalui observasi langsung dan wawancara terstruktur dengan alat analisis Intrepretive Structural Modeling (ISM). Hasil penelitian ini menunjukkan elemen kunci dari sepuluh faktor penyebab tingginya tunggakan adalah denda atau biaya keterlambatan yang diikuti oleh elemen kunci pendukung diantaranya faktor belum adanya metode sosialisasi yang efektif mengenai pembayaran, keterbatasan jumlah sdm yang khusus menangani tunggakan, serta faktor masih adanya komunikasi yang kurang baik antara petugas dengan pelanggan.
Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bahtiar Herman; Mursalim Nohong
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i1.18575

Abstract

Perkembangan suatu unit usaha dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal perusahaan maupun eksternal perusahaa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil danĀ  Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 40 UMKM yang diambil menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling dan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linearĀ  menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: jaringan usaha, Inovasi Produk dan persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan kinerja UMKM di Kabupaten Sidenreng Rappang
Systematic Literature Review: Rancang Bangun Image Digital Watermarking Vira Kristianingrum; Muhammad Faishal; Agung Susilo Yuda Irawan
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i1.20246

Abstract

Digital Image Watermarking is a technology used in information security applications such as protection of digital image content and copyright protection. Digital image watermarking is an interesting area of research because it protects multimedia data from unauthorized access. To design an efficient and robust digital image watermarking system, a balance must be maintained. In this Systematic Literature Review (SLR), we conduct a brief review of the literature on digital image watermarking on journal papers published from 2018. Watermarking algorithms can be classified based on different criteria. Depending on the particular application, the watermarking algorithm must meet certain requirements. The expected result of this research is to know what digital image watermarking is, what it is for and is it useful to do digital image watermarking.
Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Mobile Banking dengan Pendekatan Metode E-Servqual Zulfina Arizky Zulkifly; Nurdin Brasit; Muhammad Sabranjamil Alhaqqi; Sherry Adelia
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika) Vol. 19 No. 1 (2022): JBMI
Publisher : Department of Management FEB Unhas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/jbmi.v19i1.21337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kualitas layanan mobile banking dengan pendekatan metode E-Servqual yang meliputi kualitas informasi (information quality), keamanan (security), hubungan dengan pelanggan/nasabah (customer relationship), serta responsivitas dan pemenuhan (responsiveness and fulfillment) yang menjadi indikator pengukuran tingkat keberhasilan kualitas pelayanan mobile banking PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan applied research. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara langsung kepada pihak bank serta nasabah pengguna mobile banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mobile banking PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Semua indikator dimensi E-Servqual secara umum mampu diaplikasikan dengan cukup baik dalam pelayanan mobile banking. Kapasitas sumber daya manusia dan kepercayaan nasabah (trust) menjadi faktor determinan yang dominan mempengaruhi peningkatan kualitas layanan mobile banking. Pelayanan mobile banking dipersepsikan dengan baik dan mendapat ekspektasi yang lebih dari nasabah, secara umum pelayanan yang diberikan pihak bank sudah cukup memenuhi ekspektasi nasabah pengguna layanan mobile banking.

Page 1 of 1 | Total Record : 5