Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2021): May

Inovasi Lembar Kerja Berbasis Vee Mapping Pada Pendidikan Biologi Abad 21

Ekawati Ekawati (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Maulana (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Ali (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Misykat Malik Ibrahim (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ainul Uyuni Taufiq (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ilmi Zajuli Ichsan (Universitas Negeri Jakarta)
Diana Vivanti Sigit (Universitas Negeri Jakarta)
Rita Istiana (Universitas Pakuan)
Titin Titin (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, and creativity) sehingga dibutuhkan inovasi pembelajaran salah satunya dengan inovasi LKPD. Tujuan penelitian adalah mengembangkan LKPD berbasis Vee Mapping pada materi sistem pernapasan yang valid dan praktis sebagai bentuk inovasi Pendidikan biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model pengembangan 4D. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini berupa LKPD berbasis Vee Mapping pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kajian literatur, uji kevalidan dan uji kepraktisan. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi untuk mengukur tingkat kevalidan dan angket untuk melihat tingkat kepraktisan produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 12 orang. HasilĀ  pada penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Vee Mapping pada materi sistem pernapasan yang dikembangkan memiliki tingkat validitas dengan skor 3,86 dan tingkat kepraktisan yaitu 3,51 dan termasuk dalam kategori sangat valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu, LKPD berbasis Vee Mapping layak digunakan sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem pernapasan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...