COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 6 (2020)

PROSES INTERNALISASI STANDAR PROBLEM SOLVING GURU SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KOTA MATARAM

Umar, Umar (Unknown)
Maulyda, Mohammad Archi (Unknown)
Rosyidah, Awal Nur Kholifatur (Unknown)
Hidayati, Vivi Rachmatul (Unknown)
Nurmawanti, Iva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Salah satu standar penting dalam NCTM adalah kemampuan problem solving. Standar ini dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses internalisasi standar problem solving ke dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekolah dasar melalui model PBL. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 24 guru sekolah dasar kelas tinggi di Gugus IV Kota Mataram. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket survey secara online melalui platform google form dan wawancara melalui media whatsapp. Hasil penelitian menunjukan bahwa 23 subjek (95,8%) sudah mendengar istilah problem solving. sedangkan 1 subjek (4,2%) belum mendengar istilah problem solving. Pendalaman hasil penelitian menemukan bahwa proses internalisasi standar problem solving dalam pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar di Kota Mataram sudah baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...