Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Edisi Januari - Juni 2021

Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Pengembangan Bahan Ajar bagi Dosen, Guru, dan Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19

Syarifuddin Syarifuddin (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Purna Bayu Nugroho (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Muhibuddin Fadhli (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Murtalib Murtalib (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Mutmainah Mutmainah (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Muchlis Muchlis (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Mikrayanti Mikrayanti (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Ika Wirahmad (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Dewi Sartika (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Andang Andang (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Edi Mulyadin (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)
Arnasari Merdekawati Hadi (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah dikenal dan diaplikasikan sejak lama melalui program yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka maupun oleh beberapa universitas lainnya. Pelaksanaannya dengan cara pembelajaran melalui modul dan mahasiswa dilakukan ujian diakhir semester secara langsung atau luring. Akan tetapi, semenjak diakhir tahun 2019 dengan adanya wabah covid-19, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menjadi keharusan bagi sekolah maupun perguruan tinggi. Implementasi pembelajaran jarak jauh di era covid-19 sangat jauh berbeda dengan pembelajaran jarak jauh yag diterapkan oleh Universitas Terbuka saat itu. Pembeleajaran jarak jauh saat ini dilakukan melalui jaringan internet atau yang biasa disebut dengan pembelajaran daring. Untuk menunjang pelaksanaan tersebut, dosen, mahasiswa, guru, maupun siswa dituntut untuk menguasai penggunaan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring, misalnya zoom, google meet, whatsshap, dan beberapa aplikasi lainnya. Untuk itu, program studi pendidikan matematika STKIP Bima mengadakan sosialisasi penggunaan aplikasi PJJ dan pengembangan bahan ajar yang diikuti oleh dosen, guru, dan mahasiswa yang dilaksanakan secara online melalui kegiatan webinar. Kegiatan tersebut diikuti oleh 74 orang peserta yang terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa. Implikasi dari kegiatan tersebut adalah peserta mendapat pengetahuan penggunaan aplikasi PJJ dan dapat menerapkan dalam proses pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...