Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

The Implementation of Scientific Approach Using Video in Improving Social Science Learning on The Theme of The Beauty of Diversity in My Country in Fourth Grade Students of SD Negeri 4 Kutosari in Academic Year 2018/2019

Sofiyulloh, Musfik Wahyu (Unknown)
Chamdani, Muhamad (Unknown)
Joharman, Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan ilmiah menggunakan video dalam meningkatkan pembelajaran ilmu sosial, (2) meningkatkan pembelajaran ilmu sosial dengan tema keindahan keanekaragaman di negara saya melalui penerapan pendekatan ilmiah menggunakan video pada siswa kelas empat SD Negeri 4 Kutosari pada Tahun Akademik 2018/2019, dan (3) untuk menggambarkan masalah dan solusi pada penerapan pendekatan ilmiah menggunakan video pada siswa kelas empat SD Negeri 4 Kutosari pada Tahun Akademik 2018 / 2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non-tes. Validitas data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Data dianalisis melalui reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik menggunakan video dapat meningkatkan pembelajaran sains sosial dengan tema The Beauty of Diversity in My Country pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari pada tahun akademik 2018/2019. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...