Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5 No 2 (2021)

Pengembangan LKPD pada Materi Protista Kelas X SMA Berdasarkan Keanekaragaman Mikroalga di Sungai Bengkenang

Rani, Silvia (Unknown)
Jumiarni, Dewi (Unknown)
Ruyani, Aceng (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)
Kasrina, Kasrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan keanekaragaman mikroalga di Sungai Bengkenang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2010) yang terbatas pada tujuh tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji keterbacaan, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, sampling, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil rerata persentase validasi oleh validator ahli materi, ahli bahan ajar, dan ahli praktisi LKPD yang dikembangkan sebesar 95,80 % dengan kriteria sangat valid dengan keputusan uji sangat layak dan rerata persentase uji keterbacaan LKPD oleh peserta didik sebesar 87,36 % dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Protista Mirip Tumbuhan yang telah dikembangkan sangat layak digunakan untuk uji coba pada mata pelajaran Biologi pada materi Protista.Keywords: LKPD, Mikroalga, Sungai Bengkenang

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...