Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2021): April

Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi

Rahmat Fadillah (Universitas Negeri Padang)
Ambiyar Ambiyar (Universitas Negeri Padang)
Muhammad Giatman (Universitas Negeri Padang)
Fadhilah Fadhilah (Universitas Negeri Padang)
Mukhlidi Muskhir (Universitas Negeri Padang)
Hansi Effendi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2021

Abstract

Ada banyak jenis jenis dari model pembelajaran, tetapi tidak semua model pembelajaran dapat mengakomodir kebutuhan pendidikan kejuruan dan tantangan dari revolusi industri 4.0 yaitu mendorong berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan kejuruan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis dengan jenis data sekunder. Data penelitian berdasarkan hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen dari beberapa artikel penelitian yang menggunakan metode project based learningdalam pendidikan kejuruan. Sebanyak 23 artikel diulas sehingga diperoleh data hasil kalkulasi 1,09 dengan menggunakan rumus effect size (ES). Hasil yang diperoleh ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan kejuruan memiliki efek yang tinggi untuk diterapkan dalam pembelajaran. Dengan demikian maka metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan teknologi dan kejuruan sangat efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran untuk menghasilkan peserta didik yang siap bersaing dalam dunia kerja serta dapat membuka peluang usaha.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...