Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 1 (2019): Natural Science Education Research

PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

Nazilah, Nurun (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)
Rosidi, Irsad (Unknown)
Wulandari, Ana Yuniasti Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Pamekasan kelas VII F pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan  dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global terhadap kemampuan literasi sains siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi 0,05 dan -15,785 kurang dari  2,04523 kurang dari  15,785 sehingga H0 ditolak. Kemampuan literasi sains awal siswa sangat rendah, namun saat diberikan bahan ajar berbasis socio-scientific issues menjadi cukup. Penggunaan bahan ajar berbasis socio-scientific issues dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...