Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 3 (2020): Natural Science Education Research

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MAJALAH IPA TERPADU TIPE WEBBED BERORIENTASI SETS

Sholikah, Niswatin (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)
Wulandari, Ana Yuniasti Retno (Unknown)
Hidayati, Yunin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi siswa  menggunakan model PBL berbantuan majalah IPA Terpadu tipe webbed berorientasi SETS. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bojonegoro di kelas VII B Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakn tes.Hasil penelitian dan analisis terbukti ada perbedaan kemampuan literasi sains siswa setelah pembelajaran model PBL berbantuan majalah IPA Terpadu tipe webbed berorientasi SETS ditunjukkan oleh skor –thitung kurang dari ttabel kurang dari  thitung (–20,816 kurang dari  2,04523 kurang dari  20,816) dan N-gain skor yang termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 0,513667.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...