Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENGEMBANGAN FOOT PAINTING DALAM MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KENTEN PERMAI PALEMBANG

Sari, Riana (Unknown)
Fauzi, Taty (Unknown)
Sari, Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengetahui kemampuan anak mengenal warna dan pelaksanaan foot painting pada anak usia 5-6 tahun dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna di TK Kenten Permai Palembang Tahun 2021/2022 dan Meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun di TK Kenten Permai Palembang Tahun 2021/2022. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development Borg and Gall. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menghitung besar peningkatan dengan rumus n-gain ternormalisasi (normalized gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang jelas terhadap pengembangan kemampuan mengenal warna pada anak usia 5 – 6 tahun di TK Kenten Permain Palembang pada kegiatan pre-test dalam kategori mulai berkembang 64%. Sedangkan pada kegiatan post-test setelah dilakkannya pengembangan, hasil pengembangan dalam kategori berkembang sesuai harapan 90%. Jadi ada peningkatan perkembangan anak dalam menggunakan foot painting sebesar 27% Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kenten Permai Palembang. Sehingga pengembangan foot painting dalam mengenal warna pada anak usia 5-6 Tahun di TK Kenten Permai Palembang dapat digunakan sebagai media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...