Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
Vol 6, No 2 (2022)

PENILAIAN BERBASIS PROYEK DI SEKOLAH DASAR

Sri - Marmoah (Universitas Sebelas Maret)
Siti - Istiyati (Universitas Sebelas Maret)
Supianto Supianto (Universitas Sebelas Maret)
hasan mahfud (Universitas Sebelas Maret)
sukarno sukarno (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penilaian berbasis proyek adalah kegiatan penilaian terhadap proyek tugas yang harus diselesaikan oleh peserta didik berdasarkan waktu dengan periode tertentu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan konsep tentang penilaian berbasis proyek, melatih guru-guru memahami pentingnya penilaian berbasis proyek, dan melatih guru untuk menyusun instrumen penilaian berbasis proyek. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah SD Negeri 15 Sragen. Permasalahan yang dialami mitra, adalah rendahnya kemampuan guru dalam penyusunan intrumen penilaian berbasis proyek; guru kurang percaya diri dalam membuat instrument penilaian berbasis proyek; dan kesulitan guru dalam mengimbangi perkembangan jenis penilaian peserta didik. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan mitra berupa pelatihan penguatan guru dan pemaparan cara pembuatan instrument penilaian berbasis proyek serta pendampingan pasca pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan oleh LPPM UBT ...