JHeS (Journal of Health Studies)
Vol 3, No 1: Maret 2019

Efektifitas metode simulasi dan feedback yang konstruktif dalam pelatihan cardiopulmonary respiratory untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa

sugiarto sugiarto (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
sri sundari (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
lisa musharyanti (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 May 2019

Abstract

Respiratory cardiopulmonary merupakan salah satu pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki serta dikuasai oleh seorang mahasiswa keperawatan. pemberian feedback yang konstruktif pada metode simulasi perlu dilakukan kepada mahasiswa  agar termotivasi dalam memperbaiki diri serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan  pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam metode simulasi dengan di berikan feedback yang konstruktif. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test with the control group . Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 77 dengan 40 mahasiswa kelompok intervensi dan 37 kelompok kontrol  dengan teknik random sampling. Responden diberikan intervensi berupa  feedback yang konstruktif. Hasil penelitian dengan menggunakan   idependen sampel t-test. terlihat  adanya pengaruh yang signifikan pada pemberian feedback yang konstruktif  mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil yang didapatkan p-value 0,05. Diharapkan pemberian feedback terus dilakukan dalam meningkatkan motivasi mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JHeS

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Nursing Public Health

Description

JHeS (Journal of Health Studies) published since March 2017 by Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Published twice a year in March and September. Contains the writings of research results with the theme health. ISSN print: 2549-3345, ISSN Online: 2549-3353. JHeS (Journal of Health Studies) particularly ...