Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia karena berfungsi sebagai proses pengembangan diri bagi setiap individu. Setiap manusia berhak atas pendidikan, oleh karena itu pendidikan berlangsung terus menerus dan tanpa akhir. Jika ditelaah lebih mendalam, hasil belajar yang diperoleh siswa merupakan realisasi atau perluasan potensi keterampilan dan kualitas siswa. Penguasaan hasil belajar seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik berupa penguasaan pengetahuan, keterampilan berpikir, maupun keterampilan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca teks melalui penggunaan media pembelajaran kartu literasi pada siswa kelas II materi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Mereka meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan skor rata-rata 66 dalam kategori terlaksana penuh dan siklus II dengan nilai rata-rata 75 dalam kategori terlaksana sepenuhnya.
Copyrights © 2023