Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Pengaruh Kemauan Berkomunikasi Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Pembelajaran Online

Ahmad Tauchid (Universitas Negeri Semarang)
Mursid Saleh (Universitas Negeri Semarang)
Rudi Hartono (Universitas Negeri Semarang)
Januarius Mujiyanto (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Inovasi telah merevolusi pendidikan selama beberapa dekade terakhir melalui materi yang tersedia untuk umum, internet, dan pengaturan pembelajaran online. Pada tahun 2019, beberapa orang menghindari sekolah atau kuliah karena virus Corona. Oleh karena itu, untuk menghindari kontak sosial, semua kewajiban tatap muka dihentikan. Hal ini berpengaruh pada pembelajaran online Indonesia. Banyak faktor yang memengaruhi pembelajaran online. Namun, sedikit penelitian telah meneliti pengaruh kemauan berkomunikasi pada penguasaan bahasa Inggris selama pembelajaran online. Penelitian ini mengkaji hubungan antara kemauan berkomunikasi siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris di Indonesia. Untuk memvalidasi model penelitian, penyelidikan kuantitatif ini dilakukan. Survei online digunakan untuk mendapatkan data. Pesertanya adalah tiga puluh empat mahasiswa Bahasa Inggris Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemauan berkomunikasi siswa pada saat online memiliki efek yang menguntungkan pada hasil belajar bahasa Inggris. Temuan ini menunjukkan bahwa kemauan berkomunikasi mempengaruhi efektivitas pengajaran bahasa Inggris secara online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...