Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 5, No 1 (2023): Februari

Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Hidrolisis Garam

Nurhayati Bialangi (Universitas Negeri Gorontalo)
Fadilah Alawiya Paputungan (Universitas Negeri Gorontalo)
Mardjan Paputungan (Universitas Negeri Gorontalo)
Nita Suleman (Universitas Negeri Gorontalo)
Arviani Arviani (Universitas Negeri Gorontalo)
Erga Kurniawati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes esai pada materi hidrolisis garam. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa SMA Negeri 4 Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil persentase rata-rata dari keseluruhan butir soal yaitu sebesar 45% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memahami masalah sebesar 53.50% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan siswa pada tahap merencanakan pemecahan masalah sebesar 50.75% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 46.67% termasuk kedalam kategori cukup. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sebesar 24% termasuk kedalam kategori kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...