Journal of Lifelong Learning (JOLL)
Vol 6 No 1 (2023)

PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PERWANIDA 2 PALEMBANG

Suci Alevia (a:1:{s:5:"en_US"
s:25:"UIN RADEN FATAH PALEMBANG"
})

Febriyanti Febriyanti (UIN Raden Fatah Palembang)
Yecha Febrieanitha Putri (UIN Raden Fatah Palembang)
Yuniar Yuniar (UIN Raden Fatah Palembang)
Elsa Cindrya (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mentahui bagaimana pengaruh permaina n lompat tali terhadap kemampuaan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy eksperimental desain, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Desaign, sampel pada penelitian ini berjumlah 30 anak kelas B4 dan B6 di RA Perwanida 2 Palembang. Kelompok eksperimen menggunakan kegiatan lompat tali dan kelas kontrol menggunakan metode demontrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,tes dan demontrasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis t test. Berdasarkan Hasil yanh didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkannya kegiatan lompat tali dimana rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 74.8 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 34,2. Kemudian bedasarkan perhitungan uji t dimana nilai t tabel untuk signifikasi 5% sebesar 2.145 dapat disimpulkan bahwa nlai t hitung > t tabel (2,373 > 2.145) maka kesimpulannya ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tagun di RA Perwanida 2 Palembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JOLL Journal Of Lifelong Learning encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Education for Human Resources Development, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal ...