JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan

Ampuan Lidyawati Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Regina Sipayung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas)
Bogor Lumbanraja (Universitas Katolik Santo Thomas)
Juliana (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia IV SD Negeri 107967 Pelintahan. Metode yang dipakai dalam penelitian merupakan metode survey.Teknik pengambilan sampel memakai purposive sampel dan sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah 30 peserta didik. Berdasarkan hasil temuan, minat membaca mendapat persentase 67% pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar mendapat persentase 63 % pada kategori sedang. Dari uji korelasi sebesa 0,831 diman rhitung (0,831) ≥ rtabel (0,361) artinya minat membaca memili pengarah yang sangat kuat pada hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian uji-t, dimana thitung ≥ ttabel ialah 7,912 ≥ 2,048, dapat dinyatakan Ha diterima. Kesimpulanya yaitu ada pengaruh positif serta signifikan dari minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 107967 Pelintahan tahun pembelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...