Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Lokal Solo

I Made Ratih Rosanawati (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Sri Marmoah (Universitas Sebelas Maret)
Farida Nurhasanah (Sebelas Maret University)
Muhlis Fajar Wicaksana (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan tentang bentuk tradisi lokal yang dianut oleh masyarakat Kota Solo, 2) untuk mendeskripsikan karakter apa sajakah yang ada di dalam tradisi lokal yang dianut oleh masyarakat Kota Solo, dan 3) untuk menganalisis relevansi kajian tradisi lokal dengan upaya peningkatan kesadaran sejarah bagi generasi muda di Kota Solo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga dalam menjawab rumusan masalah harus dilakukan melalui pengkajian secara teoretik maupun empirik. Kajian teoretik menggunakan studi pustaka dan literatur yang relevan, data yang diperoleh di lapangan, disertai dengan tehnik trianggulasi data. Nilai kearifan tradisi lokal memegang fungsi penting bagi pembentukan karakter pada generasi muda, bisa memunculkan sikap yang menjunjung tinggi nilai serta kearifan lokal. Nilai kearifan lokal berpotensi dapat menyadarkan generasi muda akan pentingnya meningkatkan kesadaran sejarah demi terwujudnya persatuan dan kesatuan karena sadar akan perannya bagi Bangsa Indonesia. Pembentukan jati diri nasional dapat didasari oleh pendidikan yang didasarkan pada "genius lokal" atau kearifan lokal. Kearifan lokal adalah sumber budaya suatu negara

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...