Jurnal Smart Paud
Vol. 6 No. 2 (2023): July 2023

Model Pembelajaran Terpadu Jaring Laba-Laba untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Permatasari, Sri Jumiaty (Unknown)
Usman (Unknown)
Amaludin , Roni (Unknown)
Jumatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan lapangan model pembelajaran terpadu tipe jaring laba-laba, untuk mengetahui rancangan model pembelajaran tipe jaring laba-labauntuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe jaring laba-laba untuk meningkatakan perkembangan kognitif anak valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah R & D. Teknik analisis pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis hasil menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran pada saat ujicoba model pembelajaran terpadu tipe jarring laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kuncup Mekar sudah berada pada kategori praktis atau reliable dengan persentase 76.38%. Respon guru terhadap model pembelajaran terpadu tipe laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Dharma Wanita Kuncup Mekar berada pada kategori positif yaitu “baik/setuju”. Ini terlihat dari hasil analisis data yang menyebutkan bahwa dari empat responden yang memberikan respon 91.79% setuju dan selebihnya sangat setuju. Sedangkan hasil analisis aktivitas anak melalui model pembelajaran terpadu tipe jaring laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Kelompok B TK Dharma Wanita Kuncup Mekar Kabupaten Muna Barat sudah berada pada kategori Sangat tinggi atau efektif dengan 76,3%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...