Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 3 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Teacher Assistance in Optimizing Elementary School Science Laboratory as a Facility for Implementing the Independent Curriculum

Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Siti Fatimah (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Diteana Rahmadani (Universitas Sebelas Maret)
Rahayu Fitriani (Universitas Sebelas Maret)
Lia Anjali (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)
Neelam Cahya (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Pendampingan ini bertujuan untuk mendampingi guru sekolah dasar dalam mengomptimalkan laboratorium IPA sebagai fasilitas implementasi kurikulum merdeka. Pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Kutosari Kebumen dengan jumlah peserta 15 guru. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu 26-27 Mei 2023 dengan tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa: 1) guru dapat memahami pentingnya laboratorium sebagai fasilitas dalam implementasi kurikulum merdeka; 2) guru mampu merancang kegiatan hands on activity sebagai bentuk optimalisasi laboratorium. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah terlah berhasil dengan baik pelaksanaan pengabdian pengelolaan laboratorium bagi guru-guru di SD Negeri 1 Kutosari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...