Aviation Busieness and Operations Journal
Vol 1 No 02 (2024): Aviation Busieness and Operations Journal

Kajian Peningkatan Pelayanan Terhadap Sistem Informasi dengan Augmanted Reality Wayfinding di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang

Machmiyana, Ichyu (Unknown)
Rafelly, Kevin (Unknown)
Sonhaji, Imam (Unknown)
Pratiwi, Ayu Kumala (Unknown)
Kusumah, Muhammad Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Pelayanan informasi merupakan salah satu fasilitas yang memberikan kenyamanan pada pengguna jasa salah satu fasilitas pelayanan informasi adalah rambu, flight information displey system, dan curtomer service. Khususnya di area lobby, minimnya petunjuk arah atau Guidance yang dibutuhkan oleh pengguna jasa sehingga dibutuhkannya peningkatan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah (i). Untuk mengetahui kebutuhan peningkatan pelayanan Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada sistem informasi (ii). untuk mengetahui gambaran mengenai Augmanted Reality Wayfinding. Metode penelitian deskriptif kuantitatif melalui dengan Keputusan Nomor 122 Tahun 2005 Mengenai Peresmian Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-7094-2005 Tentang Rambu-Rambu di Terminal Bandar Udara Sebagai Standar Wajib. Instrumen penelitian menggunakan observasi yang dibuktikan dengan dokumentasi dan kuesioner. Hasil dari penelitian khususnya pada lobby terminal penumpang menunjukan 44% penumpang menyatakan kurang puas mengenai ketersediaan fasilitas pemberi informasi, karena hal tersebut dipelukan adanya alat bantu guna penunjang dengan AR Wayfinding yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa untuk menemukan lokasi yang hendak dituju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aboj

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Transportation

Description

1. Flight Operation a) Pilot performance b) Flight Operation Officer performance c) Aerodynamics d) delays, aircraf changes and operational limitation e) flight deck 2. Airline Industry a) Future airline industry b) Airline customer satisfaction c) Collaborative 3. Safety & Human Factor a) Safety ...