Educatio
Vol 18 No 2 (2023): Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan

Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X-F SMA Labschool Jakarta

Efraim Syailendra Mozrapa (Universitas Negeri Jakarta)
Abhi Rachma Ramadhan (Universitas Negeri Jakarta)
Siska Damayanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ismi Adnin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hazmin Hafid Putranto (Universitas Negeri Jakarta)
Emi Susanti (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Tantangan menciptakan pembelajaran Sejarah Indonesia yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik masih terus di-upayakan. Asumsi negatif tentang pembelajaran Sejarah Indonesia oleh peserta didik menjadi persoalan yang harus dihilangkan mengingat urgensi pendidikan sejarah yang faktanya sangat penting untuk peserta didik. Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi serta merefleksikan penerapan metode team quiz guna mengoptimalkan hasil belajar sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta, sehingga diharapkan riset ini menjadi solusi inovatif untuk mengoptimalkan hasil kajian Sejarah Indonesia siswa dikelas X-F Sekolah Menengah Atas Labschool Jakarta. Riset ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dikerjakan dua siklus. Hasil temuan menyatakan siklus satu hasil belajar siswa hanya memperoleh persentase 38,23%. Kemudian siklus dua hasil belajar siswa  memperolehi presentase 82%. Kesimpulan riset yaitu metode ini berhasil mengoptimalkan hasil kajian sejarah Indonesia siswa dikelas X-F Sekolah Menengah Atas Labschool Jakarta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...