Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SDN 337 Salotengnga

Besse Herlina (Universitas Puangrimaggalatung)
Sumarni Sumarni (Universitas Puangrimaggalatung)
Megawati Pasrah (Universitas Puangrimaggalatung)
Hasridah Hasridah (Universitas Puangrimaggalatung)
Lili Saputri (Universitas Puangrimaggalatung)
Erna Sulastri (Universitas Puangrimaggalatung)
Unin Nurahma (Universitas Puangrimaggalatung)
Hesti Parioga (Universitas Puangrimaggalatung)
Ratna Dewi (Universitas Puangrimaggalatung)
Esti Arni (Universitas Puangrimaggalatung)
Nurul Febrianti (Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SDN 337 Salotengnga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SDN 337 Salotengnga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SDN 337 Salotengnga. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja tenaga kependidikan berdasarkan penerapan fungsi manajemen perencanaan kepala sekolah dinilai baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan melalui merencanakan program dan memfasilitasi untuk mengikuti diklat dan workshop. Manajemen pengorganisasian dinilai baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan cara memberikan job atau pekerjaan sesuai kompetensinya. Manajemen pengarahan dinilai baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan cara mengarahkan agar fokus pada tugas yang ada. Manajemen pengawasan dinilai baik dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan cara mengawasi secara intensif dengan menggunakan metode andragogi. Kepala sekolah menilai kinerja tenaga kependidikan dari beberapa faktor yaitu tanggung jawab, kualitas, kuantitas, dan disiplin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...