Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengembangan Kompetensi Kolaborasi Konselor dalam Setting Layanan TPPK (Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan) di Sekolah

Mungin Eddy Wibowo (Universitas Negeri Semarang)
Heru Mugiarso (Universitas Negeri Semarang)
Muslikah Muslikah (Universitas Negeri Semarang)
Ashari Mahfud (Universitas Negeri Semarang)
Najma Sana Nadhirah Hilman (Universitas Negeri Semarang)
Indrajati Kunwijaya (Universitas Negeri Semarang)
Adinuringtyas Herfi Rahmawati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kolaborasi konselor dalam konteks layanan Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan (TPPK) di sekolah. Studi menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan melibatkan 30 konselor sekolah dari berbagai tingkat pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan dalam kolaborasi TPPK. Berdasarkan temuan awal, dikembangkan modul pelatihan kompetensi kolaborasi yang mencakup aspek komunikasi efektif, pemecahan masalah bersama, dan keterampilan interpersonal dalam tim multidisiplin. Modul diuji coba dan dievaluasi menggunakan desain pre-test post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kompetensi kolaborasi konselor setelah mengikuti pelatihan (p<0.05). Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan bagi konselor dalam meningkatkan efektivitas layanan TPPK di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...