Natural Science Education Research (NSER)
Vol 7, No 1 (2024): Natural Science Education Research

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA

Jamnais, Erwin (Unknown)
Munawaroh, Fatimatul (Unknown)
Hidayati, Yunin (Unknown)
Rosidi, Irsad (Unknown)
Fikriyah, Aida (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah Mix Method dengan menggunakan metode sequential explanatory jenis parcipant selection model. Populasi ini pada siswa kelas VII B yang jumlahnya 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, wawancara dan dokumentasi. Tes dilakukan secara door to door. Hasil penelitian menjunjukkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dengan persentase rata-rata 28,13% dengan kategori sedang. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa pada kelompok tinggi dan sedang tidak terdapat kendala faktor-faktor kemampuan berpikir kreatif, pada kelompok rendah memiliki kendala pada motivasi instrinsik dan pengetahuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...