Siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Sriwijaya dengan kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata membutuhkan bekal ilmu dan pengetahuan tambahan sebelum memulai Praktik Kerja Lapangan di bandar udara agar dapat melaksanakan praktik kerja dan mendapatkan pengalaman kerja dengan optimal. Ketika berhubungan dengan pelanggan; dalam hal ini calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara lainnya, pelayanan prima serta penanganan penumpang (termasuk bagasi) perlu dipelajari tidak hanya berdasarkan teori, namun juga workshop di laboratorium (hangar). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan bandar udara, maskapai, dan ground handling; service excellence; passenger and baggage handling; serta penanganan kargo dan bea cukai. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tiga metode, yaitu metode ceramah, metode tutorial, dan metode praktik di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, baik di dalam kelas dan di dalam laboratorium (hangar). Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, pengetahuan dan pemahaman siswa dan siswi meningkat. Siswa dan siswi tersebut juga dapat mempraktikkan penanganan penumpang, bagasi, dan kargo dengan baik.
Copyrights © 2024