Publikasi Pendidikan
Vol 13, No 3 (2023)

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Di Masa Endemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Dede Abdul Azis (Universitas Islam 45 Bekasi)
arrahim arrahim arrahim (Universitas Islam 45 Bekasi)
Yudi Budianti Budianti (Universitas Islam 45 Bekasi)
Kori Sundari Sundari (Universitas Islam 45 Bekasi)
aningsih aningsih aningsih (Universitas Islam 45 Bekasi)
Rini Endah Sugiharti (Universitas Islam 45 Bekasi)
Rima Rikmasari Rikmasari (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Pengabdian Kepada Msyarakat ini memiliki latar belakang yang dialami oleh mitra bahwa (1) minimnya kompetensi guru dalam mengimpelemntasikan kurikulum merdeka dan evaluasi terhadap pertemuan tatap muka terbatas (PTMT), (2) kurangnya kemapuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan Evaluasi terhadap PTMT, (3) kurang mampunya guru, staf dan kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka dis ekolah dasar, (4) adanya kendala dalam membuat desain pembelajaran yang menarik berbasis kurikulum merdeka. Alternatif solusi yang diberikan dan dilakukan melalui kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini adalah mengadaan Workshop untuk mengimpelementasikan kurikulum merdeka dan evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) bagi Guru, Staf dan Kepala Sekolah SDN Sukamaju 01 Desa Sukamaju Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi. Target  luaran pengabdian ini berupa perantara pengadaan Pelatihan dan bimbingan strategi implementasi kurikulum merdeka serta pembuatan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran berbasis kurikulum merdeka untuk Guru, staf, dan Kepala Sekolah. Metodologi pengabdian ini berupa diskusi, ceramah, problem based learning dan simulasi/prakterk. Hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan berupa memberikan pemahaman dan pengintegrasian dalam menginplementasikan secara bersama kurikulum merdeka dan penggunaan beberapa tools seperti Canva, Az Screen Recorder, Andromo untuk membuat dan mendesain perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka yang nanti akan digunaan oleh Guru ketika proses pembelajaran.   

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...