JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meta-Evaluation of Example Non-Example Models' Effects on Science Education in Elementary Schools

Sumarlin Mangandar Marianus (Universitas Katolik Santo Thomas)
Marzuki Marzuki (Universitas Almuslim)
Abdul Murad (Universitas Negeri Medan)
Adi Sutopo (Universitas Negeri Medan)
Abdurahman Adisaputra (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi penekanan metode pada media gambar sebagai fitur utama. Dalam fase implementasi, guru berubah menjadi fasilitator, membimbing siswa melalui pengamatan dan diskusi. Peran guru menjadi sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menumbuhkan keterlibatan, dan mengarahkan diskusi menuju pemahaman yang lebih dalam. Temuan ini menunjukkan berbagai ukuran efek yang dipengaruhi oleh faktor internal (biologis dan psikologis) dan faktor eksternal (lingkungan dan lingkungan masyarakat, waktu). Evaluasi meta mengungkapkan ukuran efek keseluruhan yang tinggi dari 1.323132 untuk metode contoh-non-contoh dalam instruksi sains. Fitur spesifik identifikasi studi berkontribusi pada efektivitasnya, menekankan kemampuan beradaptasi dan penyelarasan dengan praktik pendidikan modern. Mengakui berbagai ukuran efek dan ketergantungannya pada keadaan yang kompleks, penelitian ini menawarkan wawasan yang berharga untuk strategi implementasi yang disesuaikan, berkontribusi pada pemahaman yang bernuansa tentang dinamika metode dalam konteks pendidikan pendidikan praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...