JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Characteristics of Generation Z and Its Impact on Education: Challenges and Opportunities

Shofiyyah, Nilna Azizatus (Unknown)
Komarudin, Tedy Sutandy (Unknown)
Muharam, Asep (Unknown)
Juita, Dewi Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki karakteristik Generasi Z dan dampaknya terhadap dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur. Generasi Z, yang lahir antara akhir 1990-an dan pertengahan 2010-an, menunjukkan tingkat keahlian teknologi yang canggih, keterampilan multitasking yang tinggi, kecenderungan terhadap konsumsi konten yang beragam, dan preferensi terhadap pembelajaran interaktif. Dalam konteks pendidikan, Generasi Z menimbulkan sejumlah tantangan yang melibatkan adaptasi kurikulum, penggunaan teknologi, dan manajemen informasi yang melibatkan jumlah yang sangat besar. Tantangan-tantangan ini menciptakan kebutuhan untuk inovasi dalam metode pengajaran dan infrastruktur pendidikan guna menyesuaikan diri dengan gaya belajar dan preferensi Generasi Z. Meskipun demikian, Generasi Z juga membawa peluang signifikan dalam dunia pendidikan. Mereka memungkinkan aksesibilitas informasi yang lebih besar, mendorong kreativitas dalam proses pembelajaran, dan merangsang inovasi dalam metode pengajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menyajikan wawasan yang sangat penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini dan untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Generasi Z guna membangun sistem pendidikan yang lebih adaptif dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...