JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Upaya Membangun Generasi Unggul dengan Menanamkan Unsur Kepemimpinan pada Remaja: Literature Review

Arbitera, Cahya (Unknown)
Mizaniah, Silmi (Unknown)
Safitriani, Vyrza Aristya (Unknown)
Safira, Dinda (Unknown)
Larasati, Anindita (Unknown)
Pertiwi, Hanna (Unknown)
Fakhrunnisa, Raissa Athalia (Unknown)
Salma, Putri (Unknown)
Zharfan, Faza Raisa (Unknown)
Andini, Gita (Unknown)
Jasmine, Devrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian literature review ini adalah untuk melakukan analisis sistematis terhadap unsur kepemimpinan pada remaja sebagai langkah membangun generasi unggul bangsa Indonesia. Remaja atau yang lebih sering disebut dengan Generasi Z yaitu mereka yang lahir pada tahun 1997 sampai dengan tahun 2012 jumlahnya sekarang mendominasi penduduk di Indonesia dengan jumlah sekitar 74,93 juta jiwa, atau 27,94% dari total populasi. Sebagai generasi penerus bangsa maka remaja harus memiliki unsur atau jiwa kepemimpinan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap kepemimpinan pada anak dan remaja, baik diantaranya yaitu kejujuran, keberanian, rasa tanggung jawab, dorongan, keinginan untuk memimpin, kepercayaan diri, pengetahuan, kompromi, bertoleransi, peran pendidik, pembinaan karakter melalui kegiatan organisasi, serta tantangan dari Revolusi Industri 4.0. Selain itu, penting juga untuk melakukan kaderisasi kepemimpinan dengan menyediakan wadah untuk pemberdayaan potensi anggota dan evaluasi kontrol organisasi. Artikel ini menggunakan metode literatur review yang bersumber dari Google Scholar berdasarkan artikel-artikel yang relevan dari tahun 2019 hingga 2023, dengan menggunakan kata kunci kepemimpinan remaja, unsur atau faktor kepemimpinan, dan kepemimpinan remaja generasi emas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...