JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Studi Kasus: Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Kecepatan dan Debit

Sabela, Aprilia (Unknown)
Silaen, Santi (Unknown)
Simangunsong, Sofia (Unknown)
Indriani, Ratu Bulqish (Unknown)
Shakila, Eka Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Matematika adalah subjek penting dalam pendidikan yang memerlukan kemampuan siswa untuk memahami dan mengaplikasikan konsep kecepatan dan debit. Namun, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep ini. Kesulitan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya pengetahuan dasar, kurangnya pengalaman langsung, dan kurangnya bimbingan guru. Penelitian ini memfokuskan pada kesulitan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep kecepatan dan debit di kelas 5 SD. Metode yang digunakan jenis kualitatif. Data yang digunakan data skunder. Data skunder didapat dari kajian pustaka. Hasil penilitian yang didapatkan dari kajian Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar, operasi matematika dasar, masalah dalam memahami soal cerita, dan kendala dalam aplikasi praktis. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pendekatan pengajaran yang lebih kontekstual, latihan yang memadai, pemanfaatan teknologi pendidikan, serta bimbingan tambahan yang khusus. Dengan strategi yang tepat, diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...