Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebiasaan belajar mahasiswa.Kebiasaan belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi akademik siswa.Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas 5 dan 6 SD dengan nilai rata-rata di atas 90.Data dikumpulkan melalui survei kebiasaan belajar, wawancara dengan siswa dan orang tua, serta observasi kegiatan pembelajaran di sekolah dan di rumah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berprestasi mempunyai kebiasaan belajar yang baik, seperti jadwal belajar yang teratur, penyusunan bahan pelajaran yang baik, mencatat dan merangkum, belajar dengan tekun dan fokus, serta lingkungan belajar yang baik.Selain itu, dukungan orang tua dan guru berperan penting dalam membentuk kebiasaan belajar positif siswa.Temuan ini dapat menjadi referensi bagi guru dan orang tua untuk membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif untuk meningkatkan prestasi akademiknya.
Copyrights © 2024