JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kebiasaan Belajar Siswa yang Berprestasi di SD Negeri 101767

Safitri, Rizki Rahmadani (Unknown)
Damanik, Nazla Khairunnisa (Unknown)
Siregar, Shahnaz Alissa (Unknown)
Siagian, Elvi Riski Hidayati Br. (Unknown)
Riana, Riana (Unknown)
Hutagalung, Rahmad Rizki (Unknown)
Siagian, Irawansyah (Unknown)
Daulay, Nurika Khalila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebiasaan belajar mahasiswa.Kebiasaan belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi akademik siswa.Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas 5 dan 6 SD dengan nilai rata-rata di atas 90.Data dikumpulkan melalui survei kebiasaan belajar, wawancara dengan siswa dan orang tua, serta observasi kegiatan pembelajaran di sekolah dan di rumah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berprestasi mempunyai kebiasaan belajar yang baik, seperti jadwal belajar yang teratur, penyusunan bahan pelajaran yang baik, mencatat dan merangkum, belajar dengan tekun dan fokus, serta lingkungan belajar yang baik.Selain itu, dukungan orang tua dan guru berperan penting dalam membentuk kebiasaan belajar positif siswa.Temuan ini dapat menjadi referensi bagi guru dan orang tua untuk membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif untuk meningkatkan prestasi akademiknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...