JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Pengajaran IPS di Sekolah Dasar

Juliana Nurhikmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Mufidatul Husna (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sarah Nabilah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Uni Nurhikmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar IPS, guru harus melakukan beberapa tindakan perbaikan untuk memperbaiki pembelajaran yang sulit bagi peserta didik. Peserta didik kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan pembelajaran cenderung terpusat pada guru, yang menyebabkan pembelajaran kurang efektif. Rendahnya kemampuan belajar peserta didik. Dalam kondisi seperti ini, proses pengajaran memerlukan metode, yang terpenting adalah model pembelajaran kontekstual. Melalui model kontekstual diharapkan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan lebih terlibat dalam prosesnya. Mereka juga akan dapat bersosialisasi satu sama lain dan menjalin hubungan yang akan meningkatkan pemahaman dan semangat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan model pengajaran yang efektif. Salah satu metode analisis yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kepustakaan (studi literatur). Temuan penelitian menunjukkan hal itu, yaitu pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...