KIDDO: Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini
SPECIAL EDITION: ARAKSA I

Implementation of Transformative Learning in Fostering the Spirit of Early Childhood Entrepreneurship in Child Friendly PAUD

Aziz, Thorik (Unknown)
Astuti, Ria (Unknown)
Yuniatari, Yuniatari (Unknown)
Muhlis, Achmad (Unknown)
Munafiah, Nida’ul (Unknown)
Rosfalia Nabila , Dina (Unknown)
Reswari, Ardhana (Unknown)
Shiddiq, Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran transformatif dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada anak usia dini di TK Al Falah Surabaya. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan guru dan kepala sekolah, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran transformatif di PAUD Ramah Anak, (TK Al-Falah Surabaya), dilaksanakan melalui pendekatan berbasis sentra (BCCT). Anak usia dini aktif terlibat dalam proses pembelajaran, sedangkan peran guru lebih sebagai fasilitator. Kegiatan transformatif seperti Cooking Class, Market Day, Sedekah dan Outing Class menjadi sarana utama dalam membentuk karakter kewirausahaan, termasuk kemandirian, keberanian, dan kreativitas, pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kiddo

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscripts in Indonesia or English, based on research from quantitative, qualitative, mixed research methodology, or any methodology related with early childhood education include; Early childhood ...