Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Volume 5 No. 2 Tahun 2024

PELATIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: KONTRIBUSI PERGURUAN TINGGI

Mohammad Iskandar Dzulkurnain (Universitas PGRI Yogyakarta)
Didik Cahyono (Universitas Mulawarman)
Marzani Marzani (IAI Nusantara Batang Hari)
Ismail Nasar (Unika St Paulus Ruteng)
Titin Kusayang (IAIN Kerinci)
Mike Nurmalia Sari (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Penerapan metode pembelajaran inovatif telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efektivitas pendidikan. Metode-metode seperti flipped classroom, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis permainan menawarkan pendekatan yang berbeda dalam mengaktifkan siswa dalam proses belajar-mengajar. Dalam tulisan ini, kami mengeksplorasi pentingnya penerapan metode pembelajaran inovatif dalam konteks kelas. Kami menyoroti manfaat dari setiap metode dan menekankan perlunya integrasi mereka dalam praktik pengajaran guru. Kami menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inovatif tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan sebagai pembelajar mandiri, kritis, dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...