Cendikia Pendidikan
Vol. 4 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA MELALUI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA

Yayang Furi Furnamasari (Unknown)
Muhammad Rafif (Unknown)
Mochammad Arsya Akhtiar Permana (Unknown)
Aigretta Maharani (Unknown)
Nasywa Rofifah (Unknown)
Kartika Sari Dewi (Unknown)
Zein Naufal Jasyr (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Artikel penelitian ini menganalisis nilai-nilai pancasila pada siswa dengan implementasi program sekolah adiwiyata pada beberapa sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami dampak dari implementasi program sekolah adiwiyata terhadap pengembangan karakter siswa dalam menerapkan nilai-nilai pancasila di lingkungannya sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan.. Setelah melakukan analisis kepada 5 artikel yang dipilih, dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi Program Adiwiyata di sekolah memiliki pengaruh kepada pengembangan karakter Pancasila siswa efektif dalam meningkatkan kesadaran dan sikap peduli dalam lingkungan siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil positif dalam implementasi program ini di berbagai sekolah dengan pengembangan karakter siswa, meski ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seperti kurangnya dana dalam menjalankan program.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...