JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 1 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Maret 2024

PROBLEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU

Alawyah, khofifah (Unknown)
Aulia, Febrina (Unknown)
husni, ilvi nirma (Unknown)
Jalinus, Nizwardi (Unknown)
Waskito, waskito (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi dalam dunia pendidikan dengan tujuan memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada sekolah dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka di lapangan tidak selalu berjalan mulus. Artikel ini membahas beberapa problematika yang muncul selama proses implementasi kurikulum ini. Salah satu tantangan utama adalah ketidakjelasan panduan dan pedoman yang dapat mengakibatkan variasi pelaksanaan di antara sekolah-sekolah. Selain itu, kurangnya sumber daya dan pelatihan untuk guru dalam mengadaptasi kurikulum baru juga menjadi hambatan serius. Selanjutnya, resistensi terhadap perubahan dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan peserta didik, dapat mempengaruhi efektivitas Kurikulum Merdeka. Pentingnya mendalaminya dampak dan kendala implementasi Kurikulum Merdeka merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa inovasi ini dapat memberikan manfaat sesuai dengan visi dan misinya. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi solusi yang efektif guna meningkatkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan tuntutan perkembangan masyarakat dan global

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...